Mengonsumsi sarapan dikatakan sangat penting sebelum memulai aktivitas. Pasalnya, sarapan bisa buat tubuh jadi lebih bertenaga dan juga mudah fokus saat melakukan sesuatu. Namun, apakah sarapan penting dilakukan saat sebelum memulai hari?

Ahli gizi Sarah Elder menjelaskan bahwa sarapan bisa membantu tubuh mendapatkan kembali energi, protein, dan kalsium yang digunakan tubuh selama tidur. Pada malam hari, tubuh menggunakan energi yang tersimpan untuk pertumbuhan dan perbaikan.

Baca Juga: Bisa Kontrol Gula Darah, Jangan Skip Sarapan Ya! Terlebih untuk Kamu yang Miliki Diabetes...

Namun, ada perselisihan yang meluas dalam komunitas ilmiah tentang manfaat kesehatan dari sarapan. Para peneliti telah merilis temuan yang bertentangan. Beberapa peneliti mengatakan bahwa sarapan bisa benar-benar membahayakan tubuh, sementara yang lain mengatakan penting untuk makan pagi sebelum memulai hari.

Melansir Medical Daily (20/6/2020), sebuah studi yang dilakukan selama tujuh tahun tentang kesehatan 50.000 orang di AS menunjukkan bahwa makan dengan porsi yang lebih banyak di pagi hari membantu orang mempertahankan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Para peneliti mengatakan bahwa sarapan membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori harian, meningkatkan kualitas diet para partisipan.

Namun, para kritikus mempertanyakan temuan yang mengatakan bahwa sarapan mungkin tidak secara langsung memengaruhi atau meningkatkan kesehatan orang. Sebuah studi lanjutan mengkonfirmasi bahwa sarapan itu sendiri tidak menyebabkan penurunan berat badan.

Baca Juga: Mana yang Tepat, Makan Buah atau Nasi Dulu?

Alexandra Johnstone, profesor penelitian nafsu makan di University of Aberdeen mengatakan rutinitas harian yang sehat adalah faktor utama yang membantu para peserta menjaga berat badan mereka. Orang-orang yang melewatkan sarapan berpotensi untuk menambah berat badan pada studi sebelumnya karena mereka kurang memiliki pengetahuan tentang nutrisi dan kesehatan dibandingkan dengan orang yang secara teratur konsumsi sarapan.

"Ada banyak penelitian tentang hubungan antara makan sarapan dan kemungkinan hasil kesehatan, Tapi ini mungkin karena mereka yang sarapan memilih untuk terbiasa memiliki perilaku meningkatkan kesehatan seperti tidak merokok dan berolahraga secara teratur," katanya kepada BBC.

Bagi sebagian orang, sarapan dapat menawarkan manfaat kesehatan yang serupa dengan yang bisa didapat orang dari makan siang dan makan malam yang seimbang. Manfaat setiap makan tergantung pada makanan itu sendiri dan bukan berdasarkan waktu.

Baca Juga: Yuk Perhatikan Makanan Berikut Ini Untuk Menjaga Kondisi Tubuh Selama Karantina!

Untuk sarapan, manfaat mungkin berasal dari sereal yang mengandung vitamin yang dikombinasikan dengan makanan tinggi serat dan zat gizi mikro, seperti folat, vitamin C, zat besi dan kalsium.

Fredrik Karpe, seorang profesor kedokteran metabolisme di Pusat Diabetes, Endokrinologi, dan Metabolisme Oxford, mengatakan bahwa sarapan membantu produksi kortisol yang lebih tinggi di pagi hari. Makan di pagi hari juga memainkan peran penting dalam memulai metabolisme.

"Agar jaringan lain merespons asupan makanan dengan baik, kamu memerlukan pemicu awal yang melibatkan karbohidrat merespons insulin. Sarapan sangat penting agar proses ini terjadi," katanya.