Hallo, Beauty! Buat kamu para wanita pasti tau dong fungsi alat kontrasepsi tuh apa aja? Untuk yang belum tahu nih, alat kontrasepsi biasa digunakan untuk pasangan yang ingin mencegah kehamilan atau mengatur jarak kehamilan. Selain itu, alat kontrasepsi juga sering digunakan untuk membatasi jumlah anak atau menunda punya anak. Tapi, untuk wanita yang memiliki masalah kesuburan sering enggak menggunakan alat kontrasepsi, padahal harusnya tetap pakai lho!

Kenapa harus tetap pakai ya? Nah, HerStory sudah merangkum (22/06/2020) nih alasan kenapa kamu harus tetap menggunakan alat kontrasepsi meski mengalami masalah kesuburun, yuk kita lihat!

Alat Kontrasepsi Membuat Siklus Menstruasi menjadi Lancar

Kalau kamu mengalami siklus menstruasi yang enggak teratur itu tandanya kamu enggak mengalami peristiwa ovulasi secara baik atau bahkan enggak mengalami ovulasi sama sekali. Oleh karena itu, dengan penggunaan pil KB (Keluarga Berencana) bisa membuat siklus menstruasi kamu menjadi lebih lancar, waktu yang dibutuhkan lebih singkat dan mengurangi gejala Pra-Menstruation (PMS)

Untuk meminum pil KB harus tetap dengan saran dari dokter ya dan ingat juga, Beauty, dengan meminum pil KB tak berarti masalah dengan kesuburuan kita menjadi hilang ya!

Baca Juga: Ada Jerawat di Dagu Tanda Menstruasi? Begini Kata Dokter!

Baca Juga: Benarkah Berhubungan Intim Bisa Mengatasi Migrain? Ini Kata Ahli!

Mencegah penyakit seksual menular atau terinfeksi penyakit

Selain sebagai pencegah kehamilan, alat kontrasepsi seperti kondom juga bisa digunakan sebagai alat untuk mencegah penyakit seksual yang menular dan mencegah kamu ikut terinfeksi dengan penyakit itu. Jadi, jika ingin berhubungan intim tetap menggunakan alat pengaman ya, Beauty!

Mencegah kehamilan yang Beresiko

Untuk kamu yang mengalami masalah kehamilan akibat medis seperti pasien pengidap kanker yang menjalani kemoterapi atau radioterapi, masalah kesuburan hanya bersifat sementara lho! Meski sedang menjalani terapi enggak menutup kemungkinan untuk kamu bisa tetap hamil. Namun, tetap saja, jika hamil di tengah masa pengobatan akan memiliki pengaruh terhadap kamu maupun janin, jadi untuk menghindari hal tersebut akan lebih baik kamu tetap menggunakan alat kontrasepsi agar enggak ‘kebobolan’ ya.

Tetap jaga kesehatan ya, Beauty! Agar tubuh tetap terjaga terus dan bisa melakukan aktifitas dengan baik.