Mungkin sebagian orang pernah mengalami yang namanya alergi makanan. Alergi makanan terjadi saat sistem kekebalan tubuh menganggap kandungan protein pada makanan merupakan sebuah ancaman bagi tubuh. Sebagai tandanya, tubuh melepaskan senyawa kimia yang memicu alergi.

Mungkin beberapa makanan umum harus membuat si produsen memberikan informasi kandungan pada makanan tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber oleh HerStory, Senin (22/6/2020) kira-kira makanannya apa saja ya?

Baca Juga:Gatal di Area Miss V Saat Menstruasi? Bisa jadi Kamu Alergi Pembalut, Beauty!

Daging merah

Beberapa orang mungkin alergi pada daging sapi, kambing, dan lainnya. Biasanya alergi ini disebabkan oleh kandungan gula yang ditemukan pada daging alpha-galactose (alpha-gal). Nah, orang yang terkena alergi pada satu jenis makanan, biasanya mengalami juga terhadap makanan lainnya. 

Susu sapi

Kalau alergi susu paling sering ditemukan pada bayi dan anak-anak. Selain itu, orang yang memiliki penyakit maag juga kemungkinan memiliki alergi pada susu sapi. Biasanya, hal yang akan ditimbulkan adalah sakit perut, muntah, dan diare.

Baca Juga: Waduh! Sederet Makanan Sehat Ini Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan, Jangan Dikonsumsi Berlebihan Ya

Buah kering

Kandungan yang terdapat pada buah kering adalah sulfit, salah satunya sulful dioksida. Biasanya hal ini digunakan untuk mengawetkan makanan buah kering supaya enggak basi kalau di makan dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Namun, untuk orang yang alergi pada sulfit, dia akan mengalami alergi dengan buah buah kering, cuka, daging olahan, dan buah-buahan kaleng yang diawetkan.