Menu

6 Ahli Wanita di Bidang Kesehatan dan Bencana, Inspiratif Banget!

Ida Umy Rasyidah
02 Januari 2022 12:05 WIB
6 Ahli Wanita di Bidang Kesehatan dan Bencana, Inspiratif Banget!

Doctor at hospital. (Unsplash/Walter Otto)

HerStory, Kuningan —

Hingga saat ini padahal sudah 76 tahun sejak Indonesia merdeka masih saja banyak wanita di Indonesia yang belum mendapatkan hak kesetaraan gender baik di lingkungan rumahnya maupun di lingkungan kerjanya. Padahal hingga saat ini sudah banyak banyak wanita yang membuktikan jika seorang wanita juga tak kalah kemampuannya dari seorang lelaki.

Hal ini bisa dibuktikan ketika di Indonesia sedang chaos oleh covid-19 dan bencana alam banyak wanita yang kerap ikut memberikan informasi kepada Wanita-wanita hebat ini berasal dari latar belakang dan pendidikan yang berbeda-beda, ada yang dokter hingga ahli geologi. Untuk tim Herstory rangkum 6 Wanita Hebat yang ahli menyampaikan informasi di bidang kesehatan dan bencana

1.Dwikorita Karnawati

Wanita yang mengisi jabatan Badan Meteorologi, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia (BMKG) itu kerap kali membeberkan informasi tentang perkiraan cuaca yang akan melanda Indonesia. Selain itu, Dwikorita yang menjabat sebagai Profesor Geologi Lingkungan dan Mitigasi Bencana di Universitas Gadjah Mada (UGM) pernah membagikan keadaan Jakarta yang dilanda hujan ekstrem pada 12 November lalu di  Konferensi Perubahan Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia. 

Dalam pemaparannya itu, wanita hebat yang juga peraih gelar PhD dari Leeds University, Inggris, itu memberitahukan bagaimana cara mitigasi menghadapi dampak perubahan iklim yang terjadi di Indonesia pada hidrometeorologi ekstrem.an Hal itu disampaikan Dwi karena pentingnya upaya untuk menangani cuaca ekstrem di wilayah Indonesia karena Indonesia berkaitan dengan kompleksitas meteorologi, iklim, dan cuaca.

Halaman:

Share Artikel: