Menu

Tips Mengelola Kesehatan Mental di Tahun 2022 Menurut Psikolog

Riana Agustian
03 Januari 2022 14:10 WIB
Tips Mengelola Kesehatan Mental di Tahun 2022 Menurut Psikolog

Ilustrasi kesehatan mental (Unsplash/Priscilla Du Preez)

HerStory, Bogor —

Tahun baru datang dengan tantangan baru, peluang baru, dan menjaga kesehatan mental harus jadi resolusi tahun baru semua orang. Mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2021 yang merupakan tahun pandemi, semakin mengajarkan kita pentingnya kesehatan mental.

Menurut Sana Rubiyana, Psikolog Konseling Rumah Sakit Fortis Lafemme, seperti dikutip dari Times of India, Senin (3/1/2022), di tahun 2022 ini, ada baiknya kita memulainya dengan berolahraga teratur, melakukan aktivitas fisik bukan tentang menurunkan berat badan, tetapi tentang meningkatkan suasana hati dan meningkatkan perasaan bahagia yang dihasilkan oleh otak ketika kita berolahraga.

“Sambil tetap aktif, jangan lupa untuk menjaga pola makan. Makan makanan yang bergizi dan seimbang sangat penting. Memang benar ketika mereka mengatakan Anda merasakan apa yang Anda makan, yang berarti suasana hati Anda juga dipengaruhi oleh asupan makanan Anda. Dan jangan lupa, jaga dirilah Anda tetap terhidrasi sangat dianjurkan,” tuturnya.

Tips selanjutnya, kata Rubiyana, kembangkan pola tidur yang sehat. Idealnya tidur 6-8 jam sudah cukup, tetapi ingat, kualitas tidur pun penting. Untuk meningkatkan kualitas tidur, pastikan kita juga menghindari screen time 2 jam sebelum tidur dan berikan waktu 30-40 menit sebelum tidur untuk perawatan diri atau yang disebut dengan me time.

Kemudian, kata Rubiyana, tak ada salahnya juga kita menikmati aktivitas perawatan diri atau hal-hal yang menenangkan dan terapeutik. Beberapa orang akan senang merawat rambut dan kulit mereka, beberapa ingin membaca buku yang ringan, beberapa akan mendengarkan podcast atau musik yang menenangkan, melakukan meditasi, atau menulis jurnal.

Halaman: