Menu

Tips Mengelola Kesehatan Mental di Tahun 2022 Menurut Psikolog

Riana Agustian
03 Januari 2022 14:10 WIB
Tips Mengelola Kesehatan Mental di Tahun 2022 Menurut Psikolog

Ilustrasi kesehatan mental (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Di tahun ini, lanjut Rubiyana, kita juga harus meningkatkan dukungan sosial dan emosional. Baik itu ke hubungan pribadi, anggota keluarga, teman, dan rekan kerja.

“Karena kita adalah makhluk sosial, kita perlu bersosialisasi dan sejak pandemi sangat sedikit yang terjadi. Jadi, nikmati komunikasi online atau tatap muka sambil mengingat tindakan pencegahan pandemi dengan teman dan keluarga secara teratur. Bagikan emosi, perasaan, dan pikiran Anda dengan mereka sambil juga secara aktif mendengarkan orang lain,” bebernya.

Tips selanjutnya yang tak kalah penting dilakukan adalah mengembangkan keterampilan baru dan tantang kemampuan diri kita sendiri, tetapi pada saat yang sama rileks dan nikmati hobi.

Dikatakan Rubiyana, melakukan apa yang kita sukai jelas akan mengurangi stres, tingkat ketidakpuasan, meningkatkan suasana hati, dan dalam jangka panjang meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

“Tetapkan tujuan yang realistis, layak dan dapat dicapai. Rancang tujuan jangka pendek Anda sedemikian rupa sehingga akan membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang Anda. Fokus pada produktivitas tetapi jangan kewalahan dengan bekerja terlalu banyak atau keluar dari batasan Anda. Beristirahatlah jika diperlukan. Saat istirahat lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Fokus pada kekuatan Anda dan bukan pada keterbatasan Anda,” sarannya.

Lebih lanjut, Rubiyana pun menyarankan kita untuk memulai membuat jurnal atau melakukan journaling. Lacak kemajuan dan pencapaian kitamelalui penjurnalan. Yang penting dilakukan juga, hindari menggunakan obat-obatan terlarang dan konsumsi alkohol!

Halaman: