Menu

Konon Katanya, Konsumsi Susu 'Haram' untuk Orang yang Ingin Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

24 Januari 2022 07:35 WIB
Konon Katanya, Konsumsi Susu 'Haram' untuk Orang yang Ingin Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi seorang perempuan minum susu (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Jakarta —

Bagi beberapa orang, susu bisa menjadi musuh saat sedang menurunkan berat badan. Tapi ternyata, para ahli kesehatan memiliki pandangan yang berbeda terhadap susu lho, Beauty. National Diabetes and Digestive and Kidney Diseases mengatakan bahwa mengurangi konsumsi susu saat hendak menurunkan berat badan adalah mitos dan sebaiknya tak dilakukan.

Faktanya, para ahli kesehatan berpendapat bahwa susu rendah ataupun bebas lemak, bersama dengan produk susu lainnya, mampu memberikan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin D, dan protein tanpa lemak jenuh.

Lalu, bagaimana susu bisa membantu menurunkan berat badanmu? Simak penjelasan AKURAT.CO berikut ini, Senin (24/1/2022).

Susu membuat kenyang lebih lama

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat susu rendah lemak (susu skim) memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa mengkonsumsi seenggaknya tiga porsi susu rendah lemak membantu dalam manajemen berat badan.

Susu rendah lemak memiliki kalori lebih sedikit dan kaya protein sehingga kamu akan kenyang lebih lama, dan cenderung makan lebih sedikit. 

Membantu olahragamu

Susu sebenarnya dapat membantu meningkatkan upaya olahraga karena mengubah komposisi tubuh. Menurut para peneliti, alih-alih minuman energi, meminum susu segera setelah berolahraga menghasilkan perkembangan massa otot yang lebih besar, kehilangan massa lemak, dan mendapatkan kekuatan.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.