Menu

Mujarab! 5 Makanan Ini Ampuh Kontrol Glukosa Darah, Bye Diabetes!

31 Januari 2022 08:05 WIB
Mujarab! 5 Makanan Ini Ampuh Kontrol Glukosa Darah, Bye Diabetes!

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, saat ini tingkat diabetes mencapai proporsi epidemi, yang berarti bahwa kamu harus mencari pilihan diet dan gaya hidup yang akan membantumu mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit yang menghancurkan ini.

Untungnya, ada beberapa makanan super penghilang diabetes yang luar biasa, yang mudah ditambahkan ke dalam dietmu sehari-hari, Beauty.

Ya, diabetes 95 persen dapat dicegah. Jadi, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menambahkan pilihan bergizi ini ke dalam rutinitas harianmu? Dikutip dari The Alternative Daiky, berikut adalah lima makanan yang akan membantu menjaga metabolisme dan kadar glukosa darah dalam kisaran yang aman. Yuk simak!

1. Kenari

Kacang kenari adalah kacang terbaik untuk mencegah diabetes. Menurut penelitian terbaru, makan sekitar tiga sendok makan kenari sehari dapat mengurangi separuh risiko terkena diabetes. Ada beberapa alasan mengapa kacang yang menyehatkan jantung ini sangat baik untuk pencegahan atau pengelolaan diabetes.

Pertama, penderita diabetes tipe 2 cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi tetapi kadar HDL yang baik rendah. Namun, kenari yang kaya serat dikemas dengan asam lemak omega-3, yang membantu menyerap dan membersihkan kolesterol jahat (trigliserida) sambil meningkatkan kadar HDL.

Kenari juga merupakan sumber asam alfa-lipoat (ALA) yang sangat baik, yang melawan peradangan yang biasanya mengganggu penderita diabetes.

Menurut Dr. David Katz dari Universitas Yale, kenari akan meningkatkan kualitas dan kesehatan diet – khususnya kesehatan kardiometabolik – dan kamu dapat menambahkan kenari tanpa takut akan kenaikan berat badan karena sangat mengenyangkan dan tampaknya mengurangi kalori lainnya.

Dr. Lenore Arab dari UCLA juga setuju, dengan mencatat bahwa, hubungan kuat antara konsumen kenari dan prevalensi diabetes tipe-2 yang lebih rendah adalah pembenaran tambahan untuk memasukkan kenari ke dalam makanan. Penelitian lain menunjukkan bahwa kenari juga bermanfaat untuk fungsi kognitif dan kesehatan jantung.

Namun, hindari kacang kenari asin atau berlapis cokelat karena mengandung gula dan kalori kosong yang dapat menyebabkan diabetes. Sebagai gantinya, pilihlah kenari mentah dan tanpa garam atau panggang kering. Adapun, kacang pelawan diabetes lainnya termasuk almond, pistachio, dan kacang tanah.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: