Menu

Cerminan Kartini Masa Kini, 2 Wanita Ini Sukses Jadi ‘Motor Penggerak’ UMKM Lokal di Tokopedia, Siapa Saja?

21 April 2022 23:35 WIB
Cerminan Kartini Masa Kini, 2 Wanita Ini Sukses Jadi ‘Motor Penggerak’ UMKM Lokal di Tokopedia, Siapa Saja?

Para narasumber di acara "Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang untuk Bersama Pulihkan Ekonomi Indonesia", Kamis (21/4/2022). (PDok. Tokopedia/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa yang tak kenal dengan sosok Kartini Indonesia? Seorang pahlawan Indonesia yang berjuang dan berkorban membela hak wanita Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan perlakuan yang adil. RA Kartini bukan hanya sesosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, tapi juga seorang yang menginspirasi berbagai generasi wanita Indonesia. 

Dan, di era modern seperti saat ini, kita bisa menepis anggapan bahwa sosok wanita hanya bisa mengurus rumah dan keluarga. Nyatanya, seorang wanita juga tetap bisa mengasah kemampuan diri dan potensi yang dimiliki. Seperti yang dilakukan oleh 2 sosok wanita yang sukses menggerakkan UMKM lokal lewat platform e-commerce, Tokopedia.

Kedua ‘Kartini Pegiat Ekonomi’ ini adalah Yaniar Fernanda, pemilik usaha Dekayu asal Yogyakarta, dan Difansa Rachmani, Pemilik Diet Special Needs asal Depok, Jawa Barat.

Lantas, seperti apa kisah sukses keduanya meraup cuan lewat go digital? Simak kisahnya berikut ini, Beauty!

Dekayu, Berdayakan Ibu Rumah Tangga untuk Beri Nilai Lebih pada Sebilah Kayu

Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda (Nia), asal Yogyakarta, mengaku, dirinya memberdayakan sejumlah pengrajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul, dan menghasilkan berbagai peralatan makan serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.

Nia mengaku, dulu sewaktu Dekayu jadi seller baru di Tokopedia, demi mendongkrak penjualan, pihaknya tak segan mencari informasi di pusat edukasi seller.

“Waktu kita cobain satu per satu fiturnya. Sampai sekarang pun masih kita pakai. Untuk Ramadan tahun ini kita mau cobain Tokopedia Play, intinya sih ikutin aja step nya satu per satu jangan mudah menyerah. Dan tahun lalu kita kebantu banget sama bantuan Siap Ramadan di Tokopedia. Soalnya di situ ada informasi tentang strategi dan tips penjualan. Salah satunya itu gimana caranya menggunakan voucer toko. Kita juga dibantu informasi tentang gimana biar toko kita jadi Power merchant. Karena kalau udah jadi Power Merchant, maka toko kita itu bisa mengkakses fitur lainnya di Tokopedia,” papar Nia, saat sesi virtual press conference, sebagaimana dipantau HerStory, Kamis (21/4/2022).

Nia pun mengatakan, bagi Dekayu, Ramadan menjadi momen yang spesial karena rasanya semua orang senang mengirim bingkisan, yang mana itu sesuai dengan produknya. Nia pun mengakau, di momen ini, penjualan Dekayu di Tokopedia sedang meroket.

“Di Ramadan 2021 lalu, transaksi kami lewat Tokopedia melonjak lebih dari empat kali lipat. Di Ramadan tahun ini, untuk memaksimalkan penjualan, kami sudah menyiapkan stok produk dan mengikuti berbagai program Tokopedia, seperti Home Living SALEbrations dan Parsel Ramadan,” jelas Nia.

Halaman: