Ketika masih kecil dulu pasti ketika pergi bermain atau sedang bermain kamu akan melepaskan sandal yang sedang kamu gunakan, kan? Hal ini biasanya dilakukan karena kita merasa enggak bebas menggunakan alas kaki ketika sedang bermain, namun ternyata melakukan hal tersebut memiliki manfaat lho untuk kesehatan tubuh kita!

Beberapa manfaatnya antara lain mengendalikan posisi kaki ketika menyentuh tanah secara langsung, membuat keseimbangan kita menjadi lebih baik, meningkatkan kesadaran kita pada tubuh sehingga bisa meredakan beberapa rasa nyeri di tubuh, mekanisme gerakan kaki, lutut, pinggang sampai otot perut menjadi lebih optimal dan juga gerakan pada kaki hingga pergelangan kaki bisa lebih stabil.

Selain manfaat di atas, berjalan tanpa menggunakan alas kaki juga bisa membebaskan kaki kita dari tekanan sepatu yang kurang pas dan juga membuat otot kaki menjadi lebih kuat sehingga bisa membuat kaki kita menjadi lebih kuat dalam menopang punggung bagian bawah.

Meskipun memiliki banyak manfaat namun kita tetap harus waspada terhadap ancaman-ancaman cedera yang bisa mengancam kita. Jadi, kalau kamu ingin mencoba melakukan hal ini akan lebih jika kamu memastikan jika enggak ada bahan-bahan tajam di area berjalanmu, kemudian berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa membuat bakteri dan virus menjadi lebih mudah masuk.

Oleh karena itu, berikut ini tips aman dalam melakukan jalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki!

Dimulai dengan Pelan-Pelan

Untuk kamu yang ingin mencoba melakukan hal ini, cobalah dengan perlahan-lahan. Kamu bisa melakukan hal ini dengan durasi 15 hingga 20 menit saja, hal ini dilakukan agar telapak dan pergelangan kaki kamu bisa berdaptasi dengan lingkungan baru. Kalau sudah terbiasa, jarak dan waktu bisa sedikit-sedikit kamu tingkatkan.

Waspada Cedera

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kamu tetap harus waspada ketika ingin melakukan hal ini karena bisa saja kamu terkena cedera.

Lakukan di Dalam Ruangan

Sebelum kamu berjalan di luar rumah, lebih baik kamu memulai cara ini di dalam rumah agar telapak kaki bisa beradaptasi dengan permukaan aman di dalam rumah.

Latihan Fisik

Baca Juga: Deretan Manfaat Dengarkan Musik White Noise untuk Kesehatan!

Ada banyak jenis latihan fisik yang bisa dilakukan sembari berjalan tanpa alas kaki. Contoh sederhananya seperti berdiri dengan satu kaki atau mencoba naik turun badan sembari berjinjit. Aktivitas lain seperti yoga, pilates, atau martial art juga bisa menjadi alternatif.