Beauty, apakah kamu enggak menyukai brokoli? Brokoli menjadi salah satu makanan yang paling dihindari oleh banyak orang lho! Hal ini dikarenakan rasanya yang aneh dan enggak enak dilidah. Namun, untuk mengkonsumsi sayuran ini kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti dikukus, direbus atau bahkan diolah menjadi beberapa masakan.

Selain itu, brokoli memiliki banyak vitamin, mineral, serat dan juga antioksidan dan berbagai kandungan lain yang tentu saja bermanfaat untuk tubuh kita. Menurut dari berbagai sumber, dikatakan bahwa cara memasak brokoli terkadang malah membuat kandungan nutrisinya menghilang lho!

Berikut ini deretan manfaat dari sayur brokoli untuk kesehatan tubuh!

Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Brokoli memiliki kandungan serat, antioksidan dan juga kalium yang cukup tinggi sehingga bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut berbagai sumber kandungan antioksidan yang ada di dalam brokoli bisa menurunkan kolestrol dan mencegah pembentukan plak di pembuluh dari kita.

Kemudian, kandungan kalium membantu untuk menjaga tekanan darah dan irama jantung agar tetap stabil. Lalu, untuk kamu yang rutin memakan sayur brokoli ini dijamin pembuluh darah kamu akan menjadi lebih sehat karena kandungan serat yang dimiliki oleh brokoli.

Lancarkan Pencernaan

Kandungan serat selain melancarkan pembuluh darah juga bisa menjaga buang air besar (BAB) menjadi lebih teratur, mencegah sembelit serta menjaga pencernaan agar tetap sehat. Kemudian, jika kamu rutin memakan brokoli kamu bisa menurunkan resiko mengidap kanker usus besar juga!

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada di dalam brokoli bisa membanutu kamu dalam menjaga kekebalan tubuh, selain vitamin C, antioksidan di dalamnya juga memiliki manfaat yang sama. Menurut berbagai sumber dikatakan bahwa Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu membantu sistem daya tahan tubuh, mencegah kanker, penyakit kardiovaskular, katarak hingga anemia.

Jika sistem imun tubuhmu kamu baik maka kamu akan mudah melawan virus yang ingin masuk ke dalam tubuh.

Baik untuk Tulang

Selain vitamin C, ternyata brokoli juga memiliki kandungan vitamin lain yaitu vitamin K yang tentu saja baik untuk kesehatan tulang kita. Kemudian dia juga memiliki kandungan kalium dan fosfor yang tinggi dan berguna utnuk menjaga kepadatan tulang, menguatkan tulang serta sendiri dari penyakit osteoporosis.

Mengurangi Resiko Diabetes

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2017 dikatakan bahwa jika kamu memakan brokoli maka dia akan membantu kamu dalam mengelola kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe-2. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung zat sulforaphane di dalamnya.

Baca Juga: Moms, Ingin Anak Suka Makan Sayur? Gampang Ikuti Tips Berikut Ini Yuk!

Kemudian studi pada tahun 2018 mengatakan bahwa jika orang memakan banyak kandungan serat akan memiliki resiko lebih besar dalam mengidap diabetes tipe-2 yang lebih rendah. Serat bisa membantu kamu dalam mengurangi kadar gula pada penderita diabetes.