Di masa pandemi ini, memang lebih baik untuk menjaga jarak dan tetap di rumah. Bahkan banyak sekolah dan perusahaan-perusahaan menerapkan proses belajar dan bekerja dari rumah untuk mengurangi kontak sosial secara langsung. Akan tetapi, dengan jarangnya melakukan aktivitas di luar rumah dan jarang terkena paparan matahari dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, lho. Hmm, apa saja ya kira-kira? yuk, lihat akibatnya!

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa tubuh memerlukan sinar matahari 10-20 menit tiap harinya. Meskipun masih dalam situasi pandemi, tidak ada salahnya jika kamu keluar sebentar untuk terkena paparan matahari meskipun hanya untuk berolahraga atau membeli barang. Jangan lupa juga untuk menggunakan masker dan jaga jarak,ya.

Namun, apa yang akan terjadi jika kita tidak mendapatkan sinar matahari secukupnya? 

1. Kesulitan untuk tidur

Saat kamu kurang mendapat sinar matahari, "internal clock" yang merupakan bagian dari otak dan mengatur fungsi otak untuk dapat membedakan waktu di siang hari adalah waktu untuk tubuh bekerja dan di malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk istirahat. Jika kami kekurangan sinar matahari, "internal clock" dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal sehingga mengakibatkan kesulitan untuk tidur atau insomnia. 

2. Mood yang buruk

Dikutip dari hellogiggle.com (1/9/2020), Dr. Anna Cabeca mengatakan bahwa sinar matahari dapat membuat orang-orang merasa lebih bahagia karena dapat meningkatkan produksi bahan kimia di otak dan membuat orang yang terkena sinar matahari merasa lebih nyaman. Jika kamu merasa hari-harimu penuh dengan rasa kesal, bisa jadi kamu kekurangan matahari,lho.

3. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D berperan penting bagi tubuh terutama dalam pertumbuhan tulang. Vitamin D dapat ditemukan di makanan dan sinar matahari. Lalu, bagaimana jika kekurangan vitamin D?Kesehatan tulang akan memburuk dan dapat menimbulkan berbagai gejala nyeri otot. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan sinar matahari bagi tubuh.

Baca Juga: Tetap Jaga Kesehatan dan Kebersihan! Berikut Ini Deretan Gejala Baru dari Covid-19!

Meskipun di tengah-tengah pandemi, luangkan waktu kamu untuk berjemur sebentar dan tentunya mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin D seperti Telur, Salmon, keju dan tuna ya!