Tidur merupakan salah satu cara kita untuk mengembalikan stamina tubuh untuk beraktifitas keesokan harinya. Manusia membutuhkan minimal delapan jam untuk bisa mendapatkan stamina mereka kembali. Beberapa orang, memiliki cara tersendiri untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman seperti mematikan lampu kamar.

Jika kamu memiliki kebiasaan menyalakan lampu kamar ketika tidur maka kamu harus tahu bahwa kebiasaan itu enggak baik, lho, untuk tubuh kita. Karena paparan sinar lampu kamar kita bsa mengganggu produksi hormone melatonin yang bisa merangsang rasa kantuk.

Namun, selain itu ada masalah lain lagi yang bisa timbul karena menyalakan lampur kamar ketika tidur, seperti berikut ini!

Ganggu Kesehatan Reproduksi

Di dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan kondisi lampur menyala maka siklus kesehatan mereka akan terganggu. Riset mengenai hal ini diterbitkan di dalam jurnal Epidemiologi. Dengan meneliti 71.707 wanita, hasil penelitian ini menyatakan bahwa wanita yang tidur dengan lampu menyala bisa mendapatkan gangguan menstruasi.

Kelelahan

Masalah yang kedua adalah kelelehan. Jika kamu punya kebiasaan menyalakan lampu ketika tidur maka bisa dipastikan kamu bangun dengan rasa lelah. Hal ini disebabkan karena otak enggak cukup memproduksi melatonin yang bisa merangsang tidur kamu. Lampu yang terus menyala sepanjang malam membuat otak kamu terus bekerja, menganggu kualitas tiudr dan siklus tidur. Hal ini yang akhirnya membuat kamu merasa kelelahan dikeesokan harinya.

Depresi

Masalah ketiga adalah depresi. Ternyata hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental kamu juga, lho! Karena cahaya lampu yang kamu nyalakan selama tidur bisa merusak suasana hati dan juga perasaan kamu yang akhirnya bisa membuat kamu depresi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa cahaya di malam hari bisa meningkatkan perubahan fisiologis yang mengarah pada depresi, hal ini juga bisa membuat kamu kurang tidur. Kurang tidur itulah yang akhirnya membuat kamu menjadi lebih sensitif, mudah sedih, marah dan juga tersinggung.

Imunitas Tubuh Lemah

Masalah yang terakhir adalah menurunkan imunitas tubuh. Dengan merasakan masalah di atas maka secara enggak langsung waktu tidur kamu akan terganggu dan berimbas pada kesehatan tubuh. Tidur yang cukup punya peran penting dalam menjaga imunitas tubuh kita, lho!

Baca Juga: Ini Cara Jitu Supaya Kamu Enggak Mimpi Buruk Lagi!

Ketika tidur, manusia melepaskan protein sitokin yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk menangkal infeksi atau peradangan. Dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat membuat kamu berisiko terkena diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.