Virus COVID-19 yang merebak hampir di seluruh penjuru dunia tak mengenal siapa penderitanya. Salah satunya ialah menyerang anak-anak. Tak sampai disitu, anak-anak yang pernah terpapar virus Corona rentan terkena sindrom pascacovid-19.

Beberapa waktu lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan sebuah sindrom baru yang bernama MIS-C (Multisystem Inflammatory Syndrome in Children). Sindrom ini mengintai anak-anak dan remaja setelah sembuh dari COVID-19.

Menyadur dari laman Mayo Clinic, sindrom inflamsi multisistem alias MIS-C pada anak-anak ini adalah suatu kondisi serius di mana beberapa bagian tubuh, seperti jantung, pembuluh darah, ginjal, sistem pencernaan, otot, kulit atau mata menjadi meradang. 

Seperti dikutip dari laman Muslimah DailyKamis (10/9/2020), sindrom ini pertama kali terindentifikasi pada April 2020, oleh tim dokter di rumah sakit khusus anak di Amerika Serikat dan Inggris.

Spesialis penyakit menular pediatric dalam laman Johns Hopskin Medicine mengatakan, "Peradangan ini dapat membatasi aliran darah, merusak jantung, ginjal, dan organ lainnya. Sindrom MIS-C bisa jadi merupakan respons daya tahan tubuh terhadap SARS-CoV-2 coronavirus."

Baca Juga: 5 Asupan Makanan yang Dapat Membantu Si Kecil Cepat Tumbuh Tinggi, Catat Baik-Baik Ya Moms!