Apakah Moms memiliki masalah dalam mengontrol emosi? Apakah akhir-akhir ini sering mengomel pada anak? Rasanya ada saja hal-hal yang bikin kesal meskipun hanya persoalan sepele. Hal ini tentunya membuat Moms khawatir, jikalau anak akan mencontoh prilaku jelek ini dan menjadi kebiasaan sampai dewasa. Apa yang harus Moms lakukan?

Pakar hubungan, gaya Hidup dan manajemen stres, Dokter Rachna Khanna Singh, HOD, mengatakan bahwa memang ada banyak ibu yang mengalami kekhawatiran serupa. Mereka khawatir bahwa anak akan mencerminkan prilaku ibunya.

“Anak kecil cenderung memiliki pikiran yang mudah dipengaruhi dan akhirnya meniru orang tua mereka. Namun, anak juga dapat mengalami perubahan suasana hati dan perilakunya tersebut mungkin tidak ada hubungannya dengan prilaku ibunya,” katanya seperti dikutip dari Times of India, Senin (13/9/2020).

Ia juga menyarankan agar para Moms bisa mengatasi amarah dan emosi ketika sedang bersama anak. Hal ini bisa menjadi contoh positif. Anak akan belajar dan meniru Moms mengenai cara mengontrol emosi yang baik.

“Seorang ibu juga harus mencoba untuk introspeksi dan berusaha untuk memahami apa yang memicu kemarahannya. Dengan mengetahui penyebabnya, si ibu dapat mencoba mengatasi amarahnya,” kata dokter Singh.

Baca Juga: Moms, Catat! Begini 3 Tips Ampuh Agar Anak Cepat Tidur

Terakhir, ide yang bagus adalah memulai terapi. Ini akan memungkinkan Moms agar lebih memahami emosi dan juga lebih memahami prilaku anak.