Mual merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi pada setiap wanita hamil. Bahkan, intens mual yang sering hingga muntah kerap dialami oleh wanita yang tengah hamil muda. Kondisi ini sering disebut morning sickness dan seringkali membuat wanita hamil merasa tersiksa karena susah menerima asupan makanan. 

Seperti yang dikutip dari laman Mayo Clinic, penelitian menunjukkan kalau mual dan muntah selama kehamilan disebabkan oleh efek human chorionic gonadotropin (HCG). Wanita yang mengalami morning sickness parah atau hyperemesis gravidarum, memiliki kadar HCG yang lebih tinggi dibandingkan wanita hamil lainnya.

Umumnya, kondisi morning sickness ini terjadi selama trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah secara berlebihan ini biasanya dapat dengan mudah menyebabkan hilangnya nafsu makan. Banyak wanita hamil yang merasa khawatir hal ini akan membahayakan janin di dalam kandungannya.

Moms, buat kamu yang saat ini tengah hamil muda, ternyata ada lho beberapa makanan yang dipercaya ampuh meredakan mual. Jadi, kamu enggak perlu khawatir kalau si bayi kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkannya selama di dalam kandungan.

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/9/2020), berikut lima makanan yang bisa membantumu mengatasi rasa mual saat tengah hamil muda.

Jahe

Jahe merupakan salah satu obat rumahan yang efektif untuk meredakan mual. Jahe mengandung senyawa bioaktif, seperti gingerol, paradol, dan shogaol. Kandungan tersebut dapat berinteraksi dengan sistem saraf perut untuk memperbaiki gejala mual.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik soal Plasenta yang Perlu Moms Tahu, 'Teman' Si Bayi Selama di Dalam Kandungan

Moms, kamu bisa mengolah jahe dengan cara apapun. Jahe yang diolah dengan cara direbus dan diberi tambahan sedikit gula dapat membantu mengatasi rasa mual.