Moms, siapa sih yang enggak tahu dengan kue tradisonal Onde-nde? Onde-onde merupakan salah satu kudapan yang menjadi ikon kuliner di Mojokerto, Jawa Timur. Menurut sumber sejarah, Onde-onde ini sebenarnya berasal dari Negeri Tiongkok. Kemudian, dibawa ke Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit. Sejak saat itu kudapan bertekstur kenyal ini disajikan sebagai menu istana dan mulai berkembang di masyarakat.

Kudapan berbentuk bulat dengan diselimuti taburan wijen ini memiliki isian berupa kacang hijau dan gula merah. Tekstur yang kenyal dan cita rasa manis yang dimilikinya, membuat siapa pun akan ketagihan saat menyantap Onde-onde.

Seiring berkembangnya zaman, Onde-onde diolah dengan beragam kreasi yang menggiurkan. Salah-satunya ialah Onde-Onde Pelangi atau Onde-Onde Rainbow. 

Moms, Onde-Onde Rainbow ini juga cocok lho dijadikan camilan alternatif untuk si kecil. Warna-warni yang mencolok mata, dijamin deh bikin si kecil enggak bisa berpaling dan bikin betah di rumah.

Tertarik untuk membuatnya? Yuk intip kreasi Onde-Onde Rainbow ala Mak Frida seperti dikutip dari laman Instagram @fridajoincoffee, Rabu (16/9/2020).

Bahan-bahan

Bahan isi:

  • 100 gr kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam
  • 60 gr gua pasir
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/4 sdt garam
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa, atau santan instan 1 bungkus 65 ml ditambah 100 ml air.

Baca Juga: Manis-Manis Kenyal, Resep Permen Agar-Agar ala Rumahan, Cocok Jadi Camilan untuk Si Kecil di Rumah!