Menu

Enggak Usah Panik! Ini Cara Ampuh Atasi Jerawat di Punggung

24 Februari 2020 15:35 WIB
Enggak Usah Panik! Ini Cara Ampuh Atasi Jerawat di Punggung

Ilustrasi jerawat di punggung (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, ada banyak alasan kenapa orang dengan mudahnya terkena jerawat. Seperti yang Beauty tahu, tubuh itu menghasilkan minyak atau sering disebut sebum. Jerawat bisa muncul ketika sebum ekstra dan sel kulit mati menumpuk pada wajah. 

Enggak cuma sebum, banyak faktor lain yang memicu timbulnya jerawat. Seperti faktor genetik, perubahan hormon, atau mungkin akibat dari stres. Beauty, jerawat memang identik muncul di area wajah. Tapi yang perlu kamu tahu adalah kalau ternyata jerawat juga bisa muncul di area punggung lho!

Penyebab jerawat yang muncul di area punggung sama hal nya dengan penyebab munculnya jerawat pada umumnya. Kelebihan sebum dan penumpukan sel kulit mati hingga pola hidup yang kurang sehat. 

Kalau kamu mengalami jerawat yang muncul di area punggung, kamu enggak perlu panik Beauty! Karena kondisi tersebut bisa diobati dengan cara di bawah ini!

Baca Juga: Selain Wajah, Jerawat juga Bisa Muncul di Dada Lho! Ini Cara Mudah Mengatasinya

Mandi setelah berolahraga

Saat berolahraga tentu banyak keringat yang keluar dari tubuh. Membiarkan keringat dan kotoran menempel pada kulit setelah berolahraga dapat memicu timbulnya jerawat pada tubuh.

Beauty, setelah berolahraga sebaiknya mandi sesegera mungkin agar tubuh terhindar dari jerawat yang kemungkinan akan muncul. 

Eksfoliasi 

Kamu bisa menggunakan scrub pengelupasan kulit yang lembut dengan kandungan asam salisilat, untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit. Eksfoliasi kulit bisa membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. 

Mengonsumsi makanan sehat

Pola makan yang enggak sehat sangat berpengaruh pada tubuh. Kalau kamu rentan terkena jerawat, makanan tertentu bisa menjadi pemicunya.

Mengutip dari laman Healthline, Senin (24/2/2020), sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan yang menyebabkan gula darah naik dengan cepat, dapat memperburuk kondisi jerawat. Seperti nasi putih, kentang putih, roti, atau bahkan pasta.

Biar jerawat enggak bersarang di tubuhmu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, atau bahkan biji-bijian.

Baca Juga: Waw! 7 Makanan Ini Bisa Menghilangkan Jerawat, Ampuhkah?

Menggunakan pakaian longgar

Menggunakan pakaian-pakaian ketat saat berolahraga juga bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Pakaian yang ketat dapat menjebak kotoran dan keringat sehingga memicu pori-pori tersumbat. Kamu bisa menggunakan pakaian longgar sehingga membantu kulit sedikit bernapas dan menghilangakan keringat berlebih.  

Jauhkan rambut dari punggung

Kemungkinan besar rambut panjang yang menempel pada punggung juga bisa memicu timbulnya jerawat. Cuci rambut secara teratur dan sanggul atau ikat rambut saat kamu berkeringat. 

Saat mencuci rambut, jangan biarkan kondisioner atau sampo menempel pada kulit punggung. Karena  bahan-bahan di dalamnya juga bisa membuat pori-pori tersumbat lho Beauty!