Beauty, jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling ditakuti keberadannya oleh banyak wanita. Butuh perawatan yang ekstra dalam mencegah kulit berjerawat.

Dewasa ini, banyak sekali mitos atau ungkapan yang dikaitkan dengan munculnya jerawat. Seperti mengonsumsi kacang yang bisa bikin jerawat, hingga jerawat datang ketika rindu melanda saat jatuh cinta.

Ngomong-ngomong soal jerawat yang dikaitkan dengan jatuh cinta, benar enggak sih ketik gejolak asmara tumbuh di dada justru memicu timbulnya jerawat pada wajah?

Mari kita luruskan!

Jatuh cinta itu emang seru! Ketika gejolak asmara kian menggebu, rasanya dunia ini hanya berisi soal cinta, cinta, dan cinta.

Semua yang hidup di dunia pasti pernah merasakan jatuh cinta dan ini merupakan hal yang sangat wajar. Menurut Wikipedia, cinta sendiri didefinisikan sebagai sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dari ketertarikan pribadi.

Cinta kadang datang tak mengenal waktu dan tempat. Ketika cinta datang, rasanya semua berhasil dialihkan karena cinta yang kuat.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Kalau Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

OK, back to topic! Sejauh ini banyak pula mitos yang dikaitkatan dengan cinta. Begitu pula dengan jerawat yang timbul ketika gelora asmara berhasil menguasai hati dan pikiran. 

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Psychoneuroendocrinology, seperti yang dikutip dari laman Hello Sehat, Rabu (26/2/2020), kadar hormon kortisol pada orang yang baru jatuh cinta cenderung lebih tinggi ketimbang yang enggak lagi kasmaran. 

Kortisol sendiri merupakan hormon pemicu stres. Stres itu merupakan salah satu tanda penyebab timbulnya jerawat di wajah. Kadar hormon kortisol yang tinggi membuat peradangan pada kulit sehingga jerawat bisa muncul dengan mudahnya. 

Tapi Beuaty, stres saat katuh cinta itu enggak berlangsung lama kok. Biasanya stres akan muncul ketika rindu menyelimuti hati. Tapi, stres itu akan hilang dengan sendirinya saat kamu mendapatkan kabar darinya.

Hormon kortisol pemicu stres akan berubah menjadi hormon dopamin yang dilepaskan otak ketika kamu merasa bahagia. Saat hormon dopamin berhasil menguasai tubuh, secara enggak sadar kamu akan melepas beban yang membuatmu merasa tertekan.

Baca Juga: Kulit Rentan Berjerawat? Ini Cara Pilih Sunscreen yang Tepat

Makanya, jatuh cinta itu enggak selalu membuat kamu jerawatan kok! Kalau hormon bahagian lagi menguasai tubuh, lalu apa alasan kamu buat merasa stres untuk memikirkannya? Bukannya memikirkan dia sepanjang waktu bikin kamu bahagia?

Mungkin saja timbulnya jerawat saat dilanda asmara disebabkan oleh hal lain. Seperti kandungan minyak berlebih sehingga membuat pori-pori tersumbat. 

Semoga bermanfaat ya Beauty!