Menu

12 Manfaat Cuka Sari Apel Bagi Tubuh, Wajib Coba!

08 Januari 2020 10:00 WIB
12 Manfaat Cuka Sari Apel Bagi Tubuh, Wajib Coba!

Sepotong buah apel. (unsplash/Nicolas Ukrman)

HerStory, Jakarta —
Cuka telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai keperluan memasak dan keperluan rumah tangga. Dan yang paling populer dari semua jenis cuka adalah cuka sari apel. Penuh dengan nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, berikut ini 12 manfaat cuka apel

1. Detoks Tubuh
Cuka sari apel
mengandung banyak enzim dan bakteri baik. Selain itu juga mengandung asam asetat yang dapat berperan dalam detoksifikasi tubuh.
Cuka sari apel dapat membantu detoksifikasi dan meningkatkan sirkulasi hati dengan memurnikan darah dan mengurangi konstipasi sehingga dapat membantu membuang limbah dan bahan beracun lainnya dari tubuh. Cuka sari apel mentah mengandung asam yang mengikat racun di dalam tubuh. 

2. Dapat Menurunkan Berat Badan
Keberadaan asam asetat dalam cuka sari apel dapat mengurangi proses pencernaan pati. Ketika ini terjadi, lebih sedikit jumlah makanan yang dipecah menjadi kalori dalam aliran darah sehingga bisa menurunkan berat badan. Tapi, ada satu hal yang harus diingat, terlalu banyak asam asetat dapat melukai tenggorokan. Jika ingin mengonsumsinya, campur satu sendok cuka sari apel dengan sekitar 250 ml air.
Satu penelitian di Jepang menemukan asam asetat dapat menekan akumulasi lemak tubuh. Asetat dalam cuka sari apel juga dapat mengurangi nafsu makan yang menyebabkan penurunan berat badan dengan cara sehat.
da waktu tidur dapat mempengaruhi konsentrasi glukosa pada pasien diabetes tipe 2.

Baca Juga: Waw! Ini 8 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan Tekanan Darah
Cuka sari apel membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh, yang membantu menurunkan tekanan darah. Cuka apel juga memecah simpanan lemak dan dahak di dalam tubuh, hal ini membuat sirkulasi dalam tubuh menjadi lebih baik dan menurunkan tekanan di dinding arteri. Sifat anti-hipertensi cuka sari apel dihasilkan oleh kandungan potasiumnya yang tinggi.

4. Menurunkan Kolesterol dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Penelitian yang diterbitkan di Pakistan Journal of Biological Sciences, tikus yang diberi cuka mengalami penurunan LDL (kolesterol jahat) dan peningkatan HDL (kolesterol baik). Apel juga mengandung pektin, serat yang telah ditemukan untuk menurunkan kadar kolesterol.
Cuka sari apel mengontrol trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, hal itu dapat mencegah penyakit jantung.
Cuka sari apel juga mengandung asam klorogenat, antioksidan yang telah terbukti secara ilmiah untuk melindungi seseorang dari penyakit jantung. Dosis pektin yang lebih tinggi juga secara langsung berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

5. Meningkatkan Pencernaan
Asam malat dalam cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk mengobati penyakit usus. Cuka sari apel membantu bakteri baik dalam usus berkembang dan mempertahankan sistem pencernaan yang sehat.

6. Menghilangkan Bau Mulut
Cuka sari apel adalah salah satu dari beberapa obat tradisional yang dapat mengatasi bau mulut. Adanya asam malat dan asetat yang dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut. Cuka sari apel juga mengandung campuran kaya mineral seperti kalium, natrium, magnesium, tembaga, belerang, dan kalsium yang menjaga kesehatan mulut.

Baca Juga: 5 Masker Buah Alami untuk Atasi Kulit Kering, Mudah Dibuat lho!

7. Menyeimbangkan Tingkat pH Tubuh
Salah satu cara untuk menjaga tubuh berfungsi normal adalah dengan mempertahankan pH dalam kisaran normal. Cuka sari apel dapat membuat tubuh menjadi kondisi yang stabil dengan mempertahankan tingkat pH yang sehat dan basa

8. Memiliki Antioksidan
Cuka sari apel kaya akan senyawa bioaktif, seperti asam asetat, katekin, asam galat, asam caffeic yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan ini mencegah efek buruk dari radikal bebas yang dapat merusak DNA sel.

9. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
Cuka sari apel juga meningkatkan metabolisme yang membuat tubuh menyerap nutrisi dengan tepat. Konsumsi cuka sari apel juga dapat meningkatkan luas permukaan sel di usus kecil sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi.

10. Meningkatkan Energi
Jika kamu merasa lesu dan mengantuk sepanjang hari, coba konsumsi cuka sari apel. Cuka sari apel dapat membantu menambah energi. Campurkan dua sendok makan cairan ini dengan segelas penuh air dapat memberi energi yang sangat dibutuhkan tubuh.

11. Membantu Mengobati Jerawat
Tahukah bahwa kulit kita secara alami bersifat asam? Namun, karena menggunakan pembersih dan sabun yang keras, keasaman alami ini akan terganggu. Cuka sari apel dapat mengembalikan lapisan asam, membunuh bakteri, menghilangkan kotoran, dan minyak berlebih yang telah dibersihkan oleh sabun cuci muka.

12. Mengobati Sakit Tenggorokan
Sifat antibakteri dalam cuka sari apel dapat membantu mengobati nyeri dan menetralisir infeksi di tenggorokan. Tambahkan satu atau dua sendok teh cuka sari apel ke secangkir air hangat. Konsumsi minuman ini secara bertahap sekali sampai tiga kali sehari. Jika ingin berkumur, tambahkan dua sendok makan cuka ke setengah cangkir air. Kumur campuran sekali atau dua kali setiap jam.

Ternyata banyak juga ya khasiat dari cuka sari apel ini. Selamat mencoba, Beauty!

Baca Juga: Terlalu Lama Bermain Gadget Dapat Berakibat Buruk untuk Anak!

Baca Juga: Apakah Stres Membuat Tubuh Gemuk?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana