Momen kelahiran seorang bayi adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua. Kelahiran sang buah hati tentu menjadi kado terindah dari perjuangan seorang ibu yang telah mengandungnya selama sembilan bulan. Makanya enggak heran, saat bayi baru lahir akan ada perayaan untuk menyambutnya dengan suka cita.

Ngomong-ngomong soal perayaan, di Indonesia sendiri memiliki tradisi unik dalam menyambut kelahiran seorang bayi. Beragam suku dan budaya di Indonesia, menjadikan setiap daerah punya tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut kelahiran sang buah hati.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2020), lima tradisi unik dalam menyambut kelahiran bayi di Indonesia.

Brokahan, Jawa

Brokahan merupakan salah satu upacara adat Jawa yang digear ketika seorang ibu baru melahirkan bayinya. Tradisi ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas lahirnya bayi dengan selamat. Brokahan juga bisa diartikan sebagai bentuk harapan berkah dari Sang pencipta, sementara itu tujuannya adalah berharap keselamatan dan perlindungan untuk sang buah hati.

Baca Juga: 5 Hadiah Terbaik yang Bisa Kamu Berikan Untuk Putri Kecilmu