Menu

Gaungkan Konsep Sustainability di Berbagai Lini, Ini Gebrakan Asrini Suhita sebagai Pemimpin Wanita di P&G Indonesia

30 Agustus 2022 07:30 WIB
Gaungkan Konsep Sustainability di Berbagai Lini, Ini Gebrakan Asrini Suhita sebagai Pemimpin Wanita di P&G Indonesia

Asrini Suhita, Sales Senior Director &Sustainability Leader di P&G Indonesia. (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kesadaran akan sustainability dan praktik etis di Indonesia kini mulai tumbuh, termasuk dalam industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Gerakan ini pun menggema seiring dengan promosi Sustainable Development Goals (SDG), yang diharapkan dapat berkontribusi dalam menyelamatkan dan menjaga lingkungan.

Memang, saat ini belum banyak yang menyadari manfaat bisnis berkelanjutan, baik bagi perusahaan maupun kelangsungan hidup manusia. Untungnya, gagasan tentang bisnis berkelanjutan atau sustainable business semakin banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia.

Nah, salah satu perusahaan yang melakukan upaya nyata berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia adalah Procter & Gambler (P&G) Indonesia.

Dan tahu gak Beauty, salah satu sosok yang berperan penting dalam program sustainability di P&G Indonesia ini ternyata seorang wanita, lho. Yap, dia adalah Asrini Suhita, yang kini menduduki posisi Sales Senior Director & Sustainability Leader di P&G Indonesia.

Ririn, begitu dirinya kerap disapa, mengaku, menggeluti karier sebagai salah satu woman leader di P&G Indonesia ini jadi challenge tersendiri baginya. Namun, selang 11 tahun berkarir, Ririn pun menjadi saksi semakin meningkatnya awareness terkait pentingnya equality & inclusion di P&G Indonesia.

Lantas, bagaimana sih kisah awal Ririn terjun ke industri FMCG dan bagaimana ia bisa sampai sukses melakukan perubahan dari segi sustainability di P&G Indonesia ini?

"Saya mulai bekerja di P&G Indonesia sejak 11 tahun yang lalu. Saya memulai karir saya sebagai Key Account Manager, menangani penjualan produk dengan minimarket yang besar di Indonesia. Setelah itu, saya merambah ke ranah sales lainnya dimana saya menangani produk-produk haircare dan skincare. Terus saya merambah lagi ke area lain karena pengen belajar hal baru, yaitu ke core marketing. Di situ saya pegang empat brand haircare. Kemudian, saya dipercaya oleh P&G untuk bisa manage sales organization yang lebih besar lagi. Jadi saya sekarang handle omni channel modern retail, with e-commerce modern retail, dan juga sustainability," papar Ririn, saat ditemui HerStory di Kantor Pusat P&G Indonesia, di bilangan Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Sebagai seorang women leader, Ririn pun punya pandangannya sendiri terkait isu-isu perempuan yang terjadi saat ini, Beauty. Dia mengaku optimistik karena kini isu-isu perempuan sudah banyak yang menggaungkan. Tak seperti zaman dulu, dimana perempuan menghadapi berbagai macam rintangan dalam mempertahankan dan mengembangkan potensi dirinya.

"Hal yang bikin saya optimistik tentang isu pemberdayaan perempuan adalah bahwa sekarang sudah banyak yang speak-up. Sekarang saya lihat di Indonesia, inklusivitas terhadap perempuan itu udah jauh lebih besar. Topik-topik yang mendorong perempuan untuk mendapatkan akses lebih besar, sudah sangat digaungkan ya," tutur Ririn.

Jadi, saya sih optimistik dan happy dengan perkembangan ini. Tentunya masih banyak hal-hal yang harus kita perbaiki ya, salah satu contohnya di sustainability. Kayanya representasi perempuannya masih sangat sedikit, ya itu juga kan frontier-frontier yang baru, and i feel that i have some responsibility supaya lebih banyak lagi perempuan berkiprah di bidang ini. Jadi, menurut saya progress-nya menggembirakan, tapi kita harus tetap memberikan lebih banyak kesempatan lagi untuk perempuan,” lanjut Ririn.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 5 Dampak Negatif Jika Kamu Terlalu Terobsesi Untuk Sukses!

Baca Juga: Awkarin: Wanita Juga Punya Hak untuk Sukses Secara Finansial dan Jadi Pemimpin

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: