Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, menjaga sistem imun tubuh itu sangat penting. Terutama buat kamu, ibu bekerja, yang masih melakukan pekerjaan di kantor atau bahkan di luar ruangan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh agar enggak melemah, Bu.

Pasalnya, melemahnya sistem imun membuat tubuh enggak bisa mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan. Atau dengan kata lain, berisiko terkena infeksi dan beragam jenis penyakit lainnya. Karena pada dasarnya, kemampuan tubuh melawan infeksi penyakit adalah fungsi dari sistem imun atau kekebalan tubuh.

Dear ibu bekerja, kamu harus peka terhadap kondisi kesehatanmu sendiri. Masalahnya, mungkin banyak di antara kamu yang sering kali enggak sadar kalau kekebalan tubuh mulai melemah lantaran disibukkan dengan pekerjaan. Bisa saja kamu menyadari hal itu, tapi justru malah diabaikan begitu saja.

Berikut ini tanda-tanda melemahnya sistem imun tubuh yang perlu ibu bekerja tahu dan harus segera ditangani. Menyadur dari laman Penn Medicine, Selasa (13/10/2020), berikut enam di antaranya.

Tingkat stres yang sangat tinggi

Bu, mungkin kamu sering kali merasa enggak enak badan atau jatuh sakit setelah proyek besar di tempat kerja lantaran terlalu memikirkannya. Atau mungkin merasa stres dengan menumpuknya segudang pekerjaan di kantor dan juga urusan rumah tangga yang harus kamu tangani. 

Baca Juga: Dear Ibu Bekerja, 7 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memicu Kecemasan Lho! Sudah Tahu?