Menu

Catat, Ini 4 Kebiasaan Sarapan Terburuk untuk Gula Darah Menurut Ahli Gizi, Please Jangan Diulangi Lagi Ya Beauty!

14 September 2022 07:05 WIB
Catat, Ini 4 Kebiasaan Sarapan Terburuk untuk Gula Darah Menurut Ahli Gizi, Please Jangan Diulangi Lagi Ya Beauty!

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kamu mungkin pernah mendengar pepatah bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Dan meskipun ada berbagai pendapat tentang pernyataan ini, kebiasaan sarapan seseorang tak diragukan lagi akan berdampak pada tubuhnya sendiri. 

Dalam hal gula darah, ada begitu banyak faktor yang terlibat dalam mengelola metrik ini, dan apa yang kamu makan (atau tidak makan) adalah salah satu yang terbesar. 

Sementara mereka yang menderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam mengelola gula darah, maka langkah terbaik setiap orang adalah menghindari kebiasaan yang mempersulit tubuh kita untuk mempertahankan kadar glukosa darah yang sehat. 

Dam dikutip dari laman Eat This, Rabu (14/9/2022), berikut adalah empat kebiasaan sarapan terburuk untuk gula darahmu. Read on, Beauty!

1. Tak cukup makan serat

Serat adalah nutrisi berharga yang memiliki banyak fungsi, mulai dari meningkatkan keteraturan pencernaan dan kolesterol darah hingga meningkatkan rasa kenyang dan memperlambat pelepasan karbohidrat ke dalam aliran darah. 

Ketika kamu makan sarapan rendah serat dan padat karbohidrat, seperti roti panggang putih dengan selai, karbohidrat dalam makanan akan mencapai aliran darahmu lebih cepat daripada jika kamu memiliki karbohidrat yang sama dengan kandungan serat yang lebih tinggi. 

Lonjakan karbohidrat yang cepat ini dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah setelah makan, yang dapat memengaruhi tingkat energi dan nafsu makan.

Untuk seseorang tanpa diabetes, tubuh dilengkapi dengan insulin untuk membantu proses ini. Namun, seiring waktu kamu mungkin menurunkan kemampuan tubuhmu untuk merespons lonjakan gula ini secara efisien. 

Untuk meringankan respons yang diperlukan dari pankreas, cobalah memasukkan serat ke dalam sarapanmu, Beauty. Aturan praktis yang baik adalah memiliki setidaknya 1 gram serat per 5 gram karbohidrat. 

Kamu dapat melakukan matematika sederhana ini ketika melihat panel fakta nutrisi, dan jika ragu, tukar roti putihmu dengan gandum utuh, tambahkan buah ke makanan, dan tambahkan makanan padat serat lainnya ke menu sarapanmu, seperti oatmeal, soba tinggi serat, dan sayuran.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: