Menu

Jangan Anggap Sepele! Please Waspadai Kanker Serviks Stadium Awal Ini Beauty, Tandanya...

15 September 2022 14:25 WIB
Jangan Anggap Sepele! Please Waspadai Kanker Serviks Stadium Awal Ini Beauty, Tandanya...

Ilustrasi kanker serviks (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker payudara bukan satu-satunya penyakit yang menyerang wanita di mana-mana. Menurut American Cancer Society, sekitar 13.170 kasus baru kanker serviks invasif didiagnosis setiap tahun, dan 4.250 orang akan kehilangan nyawa karena penyakit yang berasal dari leher rahim, yang menghubungkan vagina ke bagian atas rahim.

Kabar baiknya adalah bahwa pra-kanker serviks didiagnosis lebih dari sekadar kanker itu sendiri, berkat kemajuan dalam metode skrining—dan apa yang dulunya menjadi penyebab utama kematian bagi wanita di Amerika Serikat tak lagi berada di tiga besar.

Bagaimana Cara Mengetahui Kanker Serviks?

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), yakni virus umum yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain saat berhubungan seks. Namun, mendeteksi virus ini sangat penting dalam mencegah penyakit. 

“Sebagian besar infeksi HPV bersifat sementara. Namun, jika tak dibersihkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda, HPV dapat bereplikasi dan menyebabkan kerusakan sel yang mengarah ke lesi prakanker atau kanker,” jelas Angel Lightner, selaku OBGYN Resident Physician, dikutip dari Eat This.

Lebih lanjut, Lighner pun menjelaskan bahwa faktor risiko kanker serviks meliputi:

  • Usia dini yang melakukan aktivitas seksual pertama
  • Gonta-ganti pasangan seksual
  • Riwayat infeksi menular seksual lainnya
  • Status sosial ekonomi rendah dengan skrining Pap terbatas
  • Imunosupresi seperti HIV atau wanita dengan transplantasi organ.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Serviks?

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Keputihan Pertanda Kanker Serviks?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.