Menu

Catat, Ini 7 Dessert Terburuk untuk Diabetesi Menurut Ahli Gizi, Nomer 2 dan 4 Favorit Banyak Orang Banget Nih!

15 September 2022 16:35 WIB
Catat, Ini 7 Dessert Terburuk untuk Diabetesi Menurut Ahli Gizi, Nomer 2 dan 4 Favorit Banyak Orang Banget Nih!

Ilustrasi Diabetes (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu salah satu penderita diabetes? Jika ya, kamu pasti udah tahu jika karbohidrat adalah makronutrien yang sangat penting yang perlu diperhatikan oleh kebanyakan penderita diabetes saat makan.

Roxana Ehsani, MS, RD, CSSD, LDN dan Juru Bicara Media Nasional untuk Akademi Nutrisi dan Diet, pun mengatakan, seorang dengan diabetes memang perlu lebih memperhatikan jenis karbohidrat yang mereka pilih untuk dikonsumsi.  Sebabnya, setiap sumber karbohidrat dicerna oleh tubuh secara berbeda dan memiliki efek berbeda pada seberapa cepat itu mengenai aliran darah seseorang dan menyebabkan gula darah mereka melonjak.

Dia menjelaskan bahwa biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan semuanya adalah karbohidrat kompleks, yang berarti dibutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh kita untuk memecah dan mencernanya, dan memberi kita pelepasan energi yang stabil dari waktu ke waktu.

Itu berarti bahwa banyak jenis dessert atau makanan penutup dapat dengan cepat membuat segalanya menjadi buruk bagi penderita diabetes. Itulah sebabnya Ehsani menambahkan bahwa siapa pun dengan diabetes perlu membatasi tambahan gula dalam makanan mereka dan memilih karbohidrat yang lebih kompleks daripada yang sederhana.

Sementara itu, Jonathan Valdez, RDN, pemilik Genki Nutrition dan juru bicara New York State Academy of Nutrition and Dietetics, menambahkan bahwa disarankan agar penderita diabetes memiliki asupan karbohidrat yang konsisten dan mencoba menghindari konsumsi karbohidrat sederhana saja, juga sebagai memastikan mereka memiliki cukup serat dan protein.

Namun, gula tak sepenuhnya jahat bagi penderita diabetes, itu hanya tergantung pada beberapa faktor. Ya, gula tak selalu 'buruk' bagi penderita diabetes, tetapi kuantitas, kualitas, waktu, dan kombinasi makanan sangat penting," kata Silvia Carli, MS, RD, CSCS, ahli diet terdaftar. 

Orang dengan diabetes memiliki sensitivitas yang menurun terhadap insulin, yang berarti bahwa sel-sel dalam tubuh mereka lebih sulit membawa gula ke dalam darah dan mengubahnya menjadi energi. Carli menambahkan bahwa risiko kesehatan memiliki kadar gula darah tinggi kronis dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit jantung, stroke, dan masalah dengan saraf, mata, dan ginjal.

Karenanya, untuk menjaga gula darahmu tetap stabil dan terkendali (dan mencegah lonjakan dan penurunan), berikut adalah 7 dessert atau makanan penutup terburuk untuk diabetes yang harus hindari, menurut ahli gizi. Apa saja ya?

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: