Menu

Kebiasaan Minum Air Es Bisa Menggerus Ginjal? Ini Bahayanya Kata Dokter!

15 September 2022 15:30 WIB
Kebiasaan Minum Air Es Bisa Menggerus Ginjal? Ini Bahayanya Kata Dokter!

Ilustrasi seseorang minum air es (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Saat cuaca sedang panas, meneguuk segelas air es memang sagat menyegarkan. Namun, apabila terus-menerus mengonsumsi air es boleh enggak sih?

Mengutip dari berbagai sumber (15/9/2022), ahli kesehatan dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa air es digunakan untuk menghilangkan dehidrasi dalam tubuh. Tubuh bisa ketagihan terus-menerus setelah minum air dingin.

Makanya, dr. Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi air dengan suhu normal daripada air karena bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

Kebiasaan minum air es dapat menggerus ginjal dan memicu berbagai masalah. Banyak orang yang minum air es pada saat sedang makan.

Dokter Zaidul Akbar mengatakan, kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan hal serupa, yakni masalah ginjal.

Menurut dr. Zaidul Akbar, solusinya adalah, waktu terbaik minum air saat makan adalah sebelum dan sesudah makan dengan jarak 10-15 menit.

Baca Juga: Peringati Hari Ginjal Dunia, Waspada! Ini Dua Penyebab Penyakit Ginjal Kronik

Baca Juga: Angka Kematian Penyakit Ginjal Meningkat, Dokter: Cegah dengan Rutin Cek Kesehatan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.