Menu

Bikin Hidup Lebih Mudah, Ini Tips dan Trik Lakukan Meal Preparation! Coba Yuk Moms!

16 September 2022 13:25 WIB
Bikin Hidup Lebih Mudah, Ini Tips dan Trik Lakukan Meal Preparation! Coba Yuk Moms!

Memasak menggunakan air fryer. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Meal preparation adalah cara yang digunakan untuk menekan pengeluaran dan mempersingkat waktu yang biasanya dilakukan oleh anak kost hingga ibu rumah tangga.

Makanan yang disiapkan pun sesuai selera, bisa masih mentah ataupun sudah dimasak dan tinggal dihangatkan. hal ini bisa membuat keseharian lebih mudah dijalani karena mempersingkat waktu dan tak repot memikirkan menu.

Lalu, apa saja sih bahan-bahan mentah yang biasanya bisa disiapkan Moms? Tentu saja seperti sayur-mayur serta berbagai protein layaknya daging ayam, daging sapi, tahu, dan tempe. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah secara online di Blibli. Beberapa supermarket memiliki official store di sana, salah satunya adalah Ranch Market.

Sebelum membuat food preparation atau meal preparation, kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan beberapa hal. Berikut beberapa tips yang membuat meal prep menjadi lebih mudah:

1. Buat Menu

Menentukan menu makanan selama seminggu ke depan adalah sebuah pekerjaan yang susah-susah gampang. Kamu harus mempertimbangkan banyak hal seperti kemampuan makanan tersebut untuk tetap bertahan dan terasa enak di lemari es, proses pembuatan, serta bahan-bahannya.

Ketika membuat menu, usahakan agar realistis. Kamu mungkin membayangkan menu-menu mewah yang lezat serta proses pembuatannya yang rumit. Namun karena ini meal prep, lakukan sebaliknya. Tentukan menu yang mudah pembuatannya serta tak terlalu memakan waktu ketika dimasak.

Selain menu makanan, tentukan juga menu camilan jika kamu mempunyai anak. Menentukan menu di satu hari untuk tujuh hari berikutnya efektif memangkas waktu kamu ketika berbelanja di tukang sayur. Kamu tinggal membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Pada akhirnya, uang belanja jadi terpakai dan kemungkinan bahan-bahan tak terpakai menjadi berkurang.

2. Membawa Wadah Ketika Belanja

Ketika sudah menyiapkan menu di tangan, artinya kamu sudah tahu betul bahan-bahan apa saja yang hendak dibeli. Kamu juga bisa memperkirakan berapa banyak bahan tersebut akan terpakai.

Nah, untuk mempermudah proses penataan dan penyimpanan, kamu bisa membawa wadah sendiri. Jika sebelumnya kamu hanya membawa kantong belanja, sekarang pastikan kamu menyiapkan wadah-wadah dengan berbagai ukuran di dalamnya. Beberapa brand wadah penyimpanan yang terkenal salah satunya adalah Tupperware. Namun tak perlu khawatir karena di Blibli juga ada wadah lain dari brand berbeda namun dengan fungsi serta kualitas yang hampir sama.

Kamu bisa menempelkan label di wadah tersebut seperti wadah khusus daging ayam, wadah khusus daging sapi, wadah khusus bawang merah, wadah khusus cabai, wadah khusus ikan, dan lain-lain. Selain itu, ada juga wadah khusus telur yang menjaga agar telur tak pecah meski terguncang-guncang.

Baca Juga: Let's Try! 5 Tips Ini Membantumu Keluar dari Zona Nyaman

Baca Juga: Canggung Ketika Bertemu Dengan Orang Asing? Lakukan 7 Trik Ini untuk Memulai Percakapan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.