Menu

Wajib Tahu! Sering Dikira Sama, Apa Sih Perbedaan Mencolok Gula Aren dan Gula Merah?

16 September 2022 14:25 WIB
Wajib Tahu! Sering Dikira Sama, Apa Sih Perbedaan Mencolok Gula Aren dan Gula Merah?

Ilustrasi gula merah. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, kamu hingga kini tahu gak sih perbedaan pasti antara gula aren dan gula merah ketika diminta untuk menyiapkannya? Atau selama ini kamu masih berpikir kalau keduanya sama saja?

Ternyata, selain gula pasir putih atau kuning yang sering kalian jumpai di pasar, gula merah dan gula aren juga menjadi salah satu primadona sebagai salah satu bahan pelengkap yang ada di dapur.

Apabila di lihat dengan mata telanjang, baik gula merah maupun gula aren memiliki visual yang sama dan seakan-akan tak memilki perbedaan sama sekali.

Namun setelah diperhatikan lebih lanjut, ternyata gula merah dan gula aren memiliki beberapa perbedaan lho, mulai dari tekstur, cita rasa hingga warna nya pun berbeda.

Setelah kalian selesai membaca artikel ini, diharapkan kalian tak salah lagi dalam menentukan gula merah dan gula aren dalam resep makanan atau minuman kalian.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang mungkin kalian tak ketahui antara gula merah dan gula aren:

1. Tekstur

Secara kasat mata, mungkin perbedaan dari gula merah dan gula aren tak akan langsung terlihat. Akan tetapi, apabila kalian meraba dan merasakan tekstur keduanya, maka kalian akan merasakan perbedaan.

Gula merah dari memiliki segi tekstur yang jauh lebih keras dibandingkan gula aren. Sementara, gula aren memilki tekstur yang cenderung lebih lembut dan lebih mudah untuk dihaluskan.

2. Cita Rasa

Dari segi rasa, mungkin kalian dapat langsung mengetahui perbedaan dari gula merah dan gula aren walaupun keduanya sama-sama memiliki rasa manis.

Gula aren memiliki rasa yang jauh lebih legit dan unik dibandingkan dengan gula merah. Aroma dari gula aren juga jauh lebih kuat dan enak dibandingkan dengan gula merah.

Gula aren dapat menjadi pengganti gula merah untuk segi rasa, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi, gula aren memiliki aroma yang jauh lebih nikmat sementara gula merah tak memiliki aroma yang khas dibandingkan dengan gula aren.

Baca Juga: Apakah Bubble Tea Baik untuk Kesehatan?

Baca Juga: Enggak Kalah dari Taiwan, Kini Indonesia Memiliki Merek Boba Sendiri!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.