Menu

Kata Pakar, Begini 3 Cara Cegah Pradiabetes Jadi Diabetes, Cepat Ikuti Sebelum Bahaya!

19 September 2022 10:00 WIB
Kata Pakar, Begini 3 Cara Cegah Pradiabetes Jadi Diabetes, Cepat Ikuti Sebelum Bahaya!

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Pradiabetes merupakan peningkatan kadar gula darah dari kadar normal, tapi belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai penyakit diabetes.

Namun, tanpa penanganan medis, pradiabetes ini bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam kurun waktu sepuluh tahun.

Kondisi pradiabetes ini bisa jadi menandakan turunnya fungsi pankreas untuk menghasilkan hormon insulin, terutama setelah makan. Selain itu, tubuh mulai kesulitan untuk merespons keberadaan insulin.

Meskipun ditandai dengan kadar gula darah tinggi dan kemungkinan adanya gangguan insulin, pradiabetes masih bisa diobati supaya enggak menjadi diabetes.

Lantas, bagaimana caranya?

Melansir dari berbagai sumber (19/9/2022), para ilmuwan memberikan beberapa cara untuk mencegah pradiabetes jadi diabetes. Yuk, simak baik-baik, ya!

Makan lebih sedikit karbohidrat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Dalam studi ini, orang yang menjalani diet rendah karbohidrat menerima 40 hingga 45 persen kalori harian mereka dari karbohidrat.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.