Menu

Awas, Dua Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Picu Kanker dan Meningkatkan Risiko Kematian yang Terkait dengan Diabetes Tipe 2, Waspada Ya!

20 September 2022 07:10 WIB
Awas, Dua Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Picu Kanker dan Meningkatkan Risiko Kematian yang Terkait dengan Diabetes Tipe 2, Waspada Ya!

Ilustrasi kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu salah satu penderita diabetes tipe 2? Jika kamu menderita diabetes tipe 2, sel-sel tubuhmu tak dapat mengambil glukosa dengan baik dari makanan yang kamu makan. Pankreas menghasilkan insulin untuk membantu sel menggunakan glukosa. Namun seiring waktu, pankreas membuat lebih sedikit insulin dan sel-sel melawan insulin. Hal ini menyebabkan penumpukan terlalu banyak gula dalam darah.

Perlu kamu ketahui juga, Beauty, diabetes tipe 2 kemudian dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke. Kondisi ini juga dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker. Jika tidak diobati, kadar gula darah yang tinggi dari diabetes tipe 2 bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dan menurut sebuah studi baru, orang dengan diabetes tipe 2 yang juga terkena kanker lebih mungkin meninggal dalam tujuh tahun ke depan, jika mereka merokok atau tak aktif secara fisik!

Tentang studi

Tim peneliti di Denmark dan Swedia mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup penderita diabetes tipe 2 yang juga mengembangkan kanker payudara, paru-paru, prostat atau kolorektal.

Studi ini melibatkan 655.344 orang dengan diabetes tipe 2 yang terdaftar dalam Daftar Diabetes Nasional Swedia antara 1998-2019. Rata-rata usia peserta adalah 63 tahun dan 43% di antaranya adalah perempuan.

Para peserta semuanya bebas kanker pada awal studi selama 7 tahun. Selama masa tindak lanjut, 32.366 dari mereka mengembangkan salah satu dari empat kanker yang disebutkan di atas. 179.627 peserta studi meninggal selama masa studi.

Data tentang faktor risiko terkait diabetes yang dapat dimodifikasi, seperti HbA1c, kolesterol, kolesterol LDL, hipertensi, BMI, merokok dan aktivitas fisik, juga diperoleh dari register diabetes.

Baca Juga: Jarang Disadari, Leher dan Ketiak Bisa Jadi Tanda Diabetes! Ini Penjelasannya

Baca Juga: Alamak! Penyakit Diabetes Ternyata Ada 12 Jenis, Waspada Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.