Menu

Hati-hati Beauty! Waktu Makan Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker, Begini Penjelasan Ahli

20 September 2022 10:25 WIB
Hati-hati Beauty! Waktu Makan Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker, Begini Penjelasan Ahli

Simbol pita peduli kanker. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker adalah istilah umum untuk sejumlah besar penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tak normal di berbagai bagian tubuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit tersebut adalah penyebab kematian kedua di dunia. 

Adapun, beberapa kanker yang paling umum pada pria termasuk kanker prostat paru-paru, kolorektal, perut dan hati. Sedangkan wanita lebih rentan terhadap kanker payudara, kolorektal, paru-paru, serviks dan tiroid, sesuai dengan kesehatan tubuh.

Karena itu, penting untuk dicatat bahwa gaya hidup kita, terutama pola makan kita, memiliki bagian integral untuk dimainkan dalam hal mengurangi risiko kanker.

Tapi terlepas dari apa yang kita makan, kapan kita makan adalah faktornya, dan para peneliti pun percaya hal ini harus dieksplorasi.

Waktu makan dapat memengaruhi risiko kanker

Menurut sebuah studi oleh para peneliti dari Barcelona Institute for Global Health, waktu makan juga dapat menentukan siapa yang lebih berisiko terkena kanker, lho Beauty. 

Ditemukan bahwa orang yang secara teratur makan setelah jam 9 malam dan tak meninggalkan jeda dua jam setelah makan dan sebelum tidur berisiko lebih besar terkena kanker 25% lebih mungkin tepatnya.

Lantas, mengapa itu terjadi? Ternyata, jam biologis sirkadian menentukan dan mengatur siklus tidur-bangun dan berulang kira-kira setiap 24 jam, yang juga dikenal sebagai ritme sirkadian, Beauty.

Jika jam tubuhmu berfungsi dengan baik dan bergerak sebagaimana mestinya, pada saat itu jam 9 malam atau lebih, tubuhmu harus bersantai untuk tidur dan tak menjadi lebih aktif, yang dapat terjadi melalui makan. Ini kemudian dapat mengganggu ritme sirkadian dan dapat memengaruhi tidur, rasa lapar, dan stres.

Baca Juga: Saran Ahli Diet: Hindari Kebiasaan Makan Ini Jika Punya Kolesterol Tinggi, Jangan Ngeyel!

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Kebiasaan Makan Ini Bisa Bikin Tubuh Beauty Jadi Kurus

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.