Menu

Jangan Sepelekan Hipertensi, Ini 9 Jenis Makanan yang ‘Haram’ Dikonsumsi karena Dapat Memicu Tekanan Darah Tinggi, Ada Favoritmu Beauty?

23 September 2022 10:50 WIB
Jangan Sepelekan Hipertensi, Ini 9 Jenis Makanan yang ‘Haram’ Dikonsumsi karena Dapat Memicu Tekanan Darah Tinggi, Ada Favoritmu Beauty?

Ilustrasi tensi darah. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi adalah kondisi yang sangat umum yang berdampak parah pada arteri tubuh. 

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah mendorong melalui pembuluh secara konsisten lebih tinggi. Dengan kata sederhana, siapa pun yang didiagnosis dengan tekanan darah tinggi mengalami kekuatan ekstra yang konsisten dari darah yang mendorong dinding arteri. Ini berarti jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah. 

Beberapa orang suka menganggap tekanan darah tinggi sebagai sesuatu yang menyertai gaya hidup, jika tak dikelola sebenarnya cukup serius. Dan sekarang, kamu akan menemukan semua yang perlu kamu ketahui tentang hipertensi bersama dengan daftar makanan yang dikuratori dengan cermat untuk menghindari tekanan darah tinggi. Apa saja daftar makanan yang dimaksud? 

Dikutip dari Pink Villa, Jumat (23/9/2022), inilah 9 Jenis makanan yang harus dihindari pada penderita darah tinggi atau hipertensi, Beauty.

1. Hindari makanan yang terlalu asin

Ketika berbicara tentang daftar makanan yang harus dihindari jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, itu adalah fakta bahwa asupan natrium atau garam tak baik. 

Natrium memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah. Orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi 2.300 miligram sodium per hari. Meskipun disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan buatan sendiri, jika kamu mengonsumsi banyak makanan olahan, pastikan kamu memeriksa labelnya untuk menjaga asupan natriummu tetap terkendali. 

Adapun, daftar makanan kaya natrium yang umum untuk dihindari pada tekanan darah tinggi diantaranya adalah keripik, roti, pizza, sandwich, daging olahan, sup kalengan, lalu taco dan burrito

2. Hindari makanan yang terlalu manis

Gula mungkin tak berpengaruh ketika kita memikirkan makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi karena tidak secara langsung menyebabkan tekanan darah tinggi, asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tak disengaja yang pada gilirannya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Dan, daftar makanan manis yang kaya akan sirup jagung fruktosa yang harus kamu hindari untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah makanan penutup olahan, makanan pra-paket, kerupuk atau cokelat ekstra manis, bar nutrisi, selai kacang.

Baca Juga: Alami Hipertensi? Tak Perlu Khawatir! Bawang Putih Bisa Menurunkan Tekanan Darah Lho

Baca Juga: Waspada! Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Jantung yang Mengancam Nyawa

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: