Menu

Jauhkan Keluarga dari Penyakit Mematikan, Ini Tips Jaga Makanan Agar Tak Terkontaminasi Zat Berbahaya!

29 September 2022 14:30 WIB
Jauhkan Keluarga dari Penyakit Mematikan, Ini Tips Jaga Makanan Agar Tak Terkontaminasi Zat Berbahaya!

Hidangan salmon sebagai salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms tahu gak sih kalau ternyata makanan yang terkontaminasi itu akan menyumbang banyak sekali bakteri dalam tubuh kita lho. Maka dari itu, Moms harus dengan teliti memperhatikan segala aspek dalam penyimpanan makanan yang akan dikonsumsi oleh anggota keluarga.

Hal itu sangat penting untuk dilakukan demi menunjang kesehatan tubuh mereka.

Dosen Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI Ririn Arminsih Wulandari, memberikan tips mencegah makanan terkontaminasi agar tak memunculkan penyakit bawaan makanan, salah satunya memisahkan letak penyimpanan bahan baku dengan produk hasil olahan.

Tak hanya itu, membangun kamar kecil jauh dari tempat pengelolaan bahan pangan dan melengkapinya dengan alat-alat pencuci tangan dengan sabun disinfektan.

Kemudian, memastikan lantai, dinding, dan meja harus dari bahan yang mudah dibersihkan, ruangan memiliki ventilasi dan penerangan baik, atap dan dinding yang bersih, tempat pembuangan sampah jauh dari pabrik dan menjaga kebersihan tempat pengelolaan dan kebersihan alat-alat.

Upaya lain yakni menjaga suhu penyimpanan bahan makanan yang baik yakni di bawah 40 derajat Celcius atau di atas 60 derajat Celcius. Selanjutnya, memasukkan bahan pangan yang mudah rusak, seperti buah, sayur, dan bahan pangan segar ke dalam lemari es.

"Bahan pangan segar (daging, ayam, dan lain-lain) harus ditaruh di freezer. Sayur dan buah cukup di dalam kulkas," kata Ririn di Kutip dari Antara.

Selain itu, makanan yang telah diolah sebaiknya langsung dimakan dalam waktu 1-2 jam setelah masak, segera memasak bahan-bahan yang telah dibekukan setelah dicairkan (thawing) dan tak membiarkannya dalam keadaan cair untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

Baca Juga: YOUVIT Membuat Program Bertajuk #TunjukinPassionmu dengan Imunitas Maksimal untuk Mengisi Waktu selama di Rumah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.