Selama kehamilan, wanita akan cenderung mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Enggak cuma perut dan payudara yang semakin membesar, perubahan juga terjadi pada area Miss V. Apa yang menyebabkan adanya perubahan di area Miss V selama hamil?

Penting Moms tahu, perubahan itu bisa terjadi karena adanya peningkatan kadar estrogen dan progesteron, tingkat keasaman, hingga kerentanan dengan gangguan tertentu. 

Kondisi tersebut rupanya membuat ibu hamil terkena gangguan vagina yang berpotensi menggangu janin. Ganggaun atau infeksi vagina ini menjadi salah satu kondisi yang paling dikhawatirkan oleh ibu hamil.

Berikut ini HerStory rangkum dari berbagai sumber, ini jenis gangguan miss V yang sering terjadi pada ibu hamil dan patut untuk diwaspadai. 

Infeksi jamur vagina

Infeks vagina ini disebabkan oleh jamur yang disebut Candida. Infeksi ini cenderung terjadi selama kehamilan karena perubahan sistem kekebalan, peningkatan produksi glikogen, dan kadar estrogen yang lebih tinggi.

Seperti yang disebutkan dalam laman Medical News Today, menurut laporan pada 2015 silam, sekitar 20 persen dari semua wanita menderita Candida, yang meningkat hingga 30 persen selama kehamilan.

Baca Juga: Pendarahan saat Hamil, Apakah Pertanda Bahaya?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas