Menu

4 Makanan Ini Bisa Bantu 'Bersihkan' Ginjal, Bye-bye Racun Jahat di Tubuh!

04 Oktober 2022 08:30 WIB
4 Makanan Ini Bisa Bantu 'Bersihkan' Ginjal, Bye-bye Racun Jahat di Tubuh!

Ilustrasi makanan untuk kesehatan ginjal. (Hello Sehat)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paliing penting. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga kesehatan ginjal supaya terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satunya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang disebut bisa bantu membersihkan ginjal. Yuk, intip sederet makanannya, seperti dikutip dari laman Healthline (4/10/2022).

Kembang kol

Kembang kol mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B folat, dan serat, yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Selain itu, kembang kol juga kaya dengan senyawwa antiinflamasi, seperti indole. Ditambah, kembang kol tumbuk bisa digunakan sebagai pengganti kentang untuk lauk kalium yang rendah.

Anggur merah

Buah anggur merah asli memiliki segudang gizi, seperti vitamin C dan falvonoid sebagai pencegah peradangan. Buah ini dikategorikan ramah ginjal karena mengandung 1,5 mg natrium di tiap 75 gramnya.

Selain itu, buah anggur merah juga mengandung rendah kalium dan fosfor, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para pengidap gangguan ginjal.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.