Menu

Tokcer untuk Sembuhkan Luka, Ini 4 Makanan Tinggi Albumin yang Cocok untuk Kamu Konsumsi! Berani Buktikan?

10 Oktober 2022 11:25 WIB
Tokcer untuk Sembuhkan Luka, Ini 4 Makanan Tinggi Albumin yang Cocok untuk Kamu Konsumsi! Berani Buktikan?

Ilustrasi luka bakar pada anak (sehatq.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Bagi kamu yang belum tahu apa itu albumin, itu adalah protein yang dihasilkan oleh organ hati dan bisa berfungsi untuk menjaga cairan di pembuluh darah agar tak bocor ke jaringan tubuh yang lainnya.

Selain itu, masih banyak pula lho Beauty fungsi albumin untuk tubuh seperti membawa hormon, vitamin dan enzim ke seluruh tubuh.

Akan tetapi, ada tubuh yang bisa mengalami kondisi kekurangan albumin atau yang disebut dengan hipoalbuminemia. Salah satu penyebab kondisi terjadinya kekurangan albumin ini adalah malnutrisi dimana keadaan ini biasanya bisa ditandai dengan tubuh yang sangat kurus, lemas, bengkak pada kaki dan juga perut.

Asupan protein albumin ini biasanya disarankan kepada orang yang mengalami malnutrisi, selesai operasi, atlet dan penderita luka bakar atau kanker. Biasanya makanan yang mengandung albumin tinggi ini yang kaya akan nutrisi dan ini berfungsi dalam mempercepat proses penyembuhan luka hingga massa otot. 

Dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah empat jenis makanan yang mengandung albumin tinggi.

1. Telur

Sumber albumin yang baik bagi tubuh adalah telur dan apabila dibandingkan dengan kuningnya, bagian putih telur ini lebih banyak mengandung protein. Kemudian telur juga mengandung vitamin B kompleks, selenium, dan kolin yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Susu dan produk olahannya

Hampir serupa dengan telur, susu dan produk olahannya juga tinggi kandungan albumin. Hal ini karena produk susu dan olahannya juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Maka dari itu, sebaiknya memilih susu dan produk olahannya yang lebih rendah lemak. 

Baca Juga: Sehat dan Lezat, Ini Resep Oseng Brokoli Seafood Tofu yang Bikin Nafsu Makan Meroket! Mau Coba?

Baca Juga: Gak Cuma Daging Merah, Ini 3 Makanan yang Baik utnuk Penderita Darah Rendah, Kamu Mau Coba Gak?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.