Orang dengan kadar kolesterol tinggi tentunya harus pintar-pintar memilih makanan. Salah satunya hidangan laut. Seafood merupakan makanan yang lezat namun tak aman bagi penderita kolesterol. Hidangan ini bisa membuat kolesterol melonjak drastis.

Padahal sebenarnya, seafood kaya akan asam lemak omega-3 dan zat gizi lainnya yang baik untuk kesehatan. Namun, jangan khawatir! Penderita kolesterol tinggi juga tetap bisa makan seafood kok! Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (31/10/2020) begini tips sehat makan seafood. 

1. Hindari sajian seafood yang digoreng

Menggoreng makanan dapat menyumbang lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Cara memasak paling aman adalah dengan dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali. Ada banyak menu seafood tanpa minyak yang bisa kamu konsumsi. Contohnya, kerang rebus, udang panggang, pepes ikan, tim ikan, hingga ikan bakar.

2. Batasi porsi makanmu

Asupan kolesterol perhari sebaiknya tak lebih dari 300 mg. Bila total asupan kolesterol yang kamu konsumsi di atas jumlah tersebut, maka kolesterol jahat akan menumpuk di pembuluh darah, sehingga kamu berisiko tinggi mengalami penyakit jantung maupun stroke. Jadi, makan seafood boleh saja, asal jangan sampai kalap. Sebaiknya batasi asupan makanan laut seperti kerang, kepiting, maupun udang hanya sekitar 8 ons saja dalam seminggu. Total kalori yang terdapat dalam jumlah makanan tersebut adalah sebesar 226 mg, sehingga masih dianggap aman untuk kesehatan.

Baca Juga: Ingin Turunkan Kolesterol? Coba Konsumsi Cokelat, Dijamin Ampuh!