Penggunaan skincare untuk kesehatan kulitmu memang penting, tapi apa skincare saja cukup? 

Untuk mendapatkan hasil dari skincare yang maksimal, kamu juga tetap harus punya pola hidup yang sehat. Percuma dong, kalau skincare mahal tapi makan masih sembarangan? 

Kesehatanmu itu dilihat dari kulitmu. Jika kamu sudah merasa menjalankan pola hidup sehat, mungkin kamu juga harus memperhatikan hal-hal di bawah ini yang bisa kamu konsumsi dan akan membuat kulitmu lebih sehat secara alami.

1. Antioksidan

Molekul ini dapat ditemukan dalam makanan nabati yang berguna melindungi sel kulitmu dari bahaya. 

Antioksidan melindungi kulitmu dari masalah-masalah seperti, keriput, keriput, kendur, dan mungkin juga kanker.

Hati-hati, mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan mungkin berisiko. Untuk mendapatkan jumlah antioksidan yang kamu butuhkan, Lisa Drayer, RD, dari The Beauty Diet merekomendasikan makan buah saat sarapan dan camilan, dan isi setengah piringmu dengan sayuran saat makan siang dan makan malam.

2. Asam lemak omega-3

Seperti antioksidan, asam lemak esensial juga menangkis penuaan yang disebabkan sinar matahari — tetapi bukannya mencegah kerusakan sel, asam lemak memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Dan itu belum semuanya, asam lemak ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghentikan kerusakan kolagen (blok bangunan utama di jaringan kulit) yang terjadi saat kamu terpapar sinar UV. Asal lemah ini juga memerangkap kelembapan, membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

Jika asam lemak omega-6, dapat ditemukan dalam minyak nabati, seperti kedelai, bunga matahari, dan minyak jagung. Omega-3, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) berada di ikan berlemak seperti salmon, tuna albacore, mackerel, dan sarden. 

Baca Juga: Selain Wortel, 7 Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak