Menu

Waduh, Sederet Makanan Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal, Nomor 2 Sering Banget Dikonsumsi!

03 November 2022 08:00 WIB
Waduh, Sederet Makanan Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal,  Nomor 2 Sering Banget Dikonsumsi!

Ilustrasi Ginjal. (Unsplash/Robina Weermeijer)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Makanya, penting juga untuk setiap orang selalu menjaga kesehatan ginjalnya.

Ketika ginjal rusak dan enggak bisa berfungsi dengan baik, cairan bisa menumpuk di dalam tubuh dan limbah menumpuk di dalam darah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa makanan yang ternyata bisa merusak ginjal. Sudah tahu belum?

Melansir dari laman Healthline (3/11/2022), berikut ini beberapa makanan yang disebut bisa merusak ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Daging olahan

Daging olahan memang sering kali dikaitkan dengan bahaya penyakit kronis. Daging olahan merupakan daging yang telah diasinkan, dikeringkan, diawetkan, atau dikalengkan.

Daging olahan biasanya mengandung tinggi garam, sebagian besar untuk meningkatkan rasa dan mempertahankan rasa. 

Oleh karena itu, sulit untuk menjaga asupan natrium harian yang kurang dari 2.300 mg jika daging olahan berlimpah selalu masuk ke dalam menu makanmu.

Baca Juga: Sering Menahan Buang Air Kecil? Waspada! Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Ginjalmu Rusak, Harus Dihindari Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.