Dahak merupakan jenis lendir yang diproduksi di dala dada secara konstan, enggak hanya pada saat sakit. Fungsi dari dahak sendiri adalah melindungi bagian dalam pernapasan dari partikel asing. Ketika suatu penyakit menyerang tubuhmu, jumlah dahak yang diproduksi akan lebih banyak dan bisa menyangkut di tenggorokanmu.

Mungkin beberapa kali kamu pernah melihat warna dahak yang kamu keluarkan, setiap dahak yang keluar memiliki warna yang berbeda, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi tubuh kamu dan penyakit apa yang sedang kamu alami.

Warna Bening

Pada umumnya, dahak dengan warna bening memiliki kandungan protein, air, antibodi, dan garam yang mudah larut. Ini menjadi sebuah pertanda bahwa tubuh kamu normal tanpa adanya penyakit apapun. Kemudian, dahak dengan warna bening biasanya enggak akan keluar dari tubuh. Setelah diproduksi, dahak ini akan turun ke bawah tenggorokan dan tertelan oleh tubuh.

Warna Putih

Jika kamu mengeluarkan dahak berwarna putih maka bisa menjadi pertanda kalau kamu sedang mengalami beberapa penyakit. Seperti bronchitis virus, yaitu infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru. Kemudian, dahak putih juga bisa menjadi tanda adanya penyakit asam lambung dan gagal jantung kongestif. Kalau kamu mengalami hal ini segera laporka pada dokter ya!

Warna Kuning

Baca Juga: Baik Untuk Mata Hingga Tulang, Simak Segudang Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Selanjutnya adalah dahak berwarna kuning. Jika kamu mengalami dahak berwarna kuning bisa jadi ini menjadi pertanda kalau sel imun kamu sedang bekerja pada pusat dari infeksi atau inflamasi. Saat itu, sel darah putih sedang sibuk melawan sel penyebab penyakit.