Taukah kamu, selain daging buahnya yang lezat dan menyehatkan, biji buah pepaya juga mengandung segudang manfaat untuk tubuhmu. Biji pepaya memiliki rasa yang unik dan kuat, seperti persilangan antara mustard dan merica hitam.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsusi biji pepaya, mulai dari memakannya langsung bersama daging buahnya atau digerus hingga lumat agar lebih halus. Mengutip dari laman halodoc, Senin (9/11/2020) simak manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikut ini.

1. Menjaga Fungsi Pencernaan

Sama halnya dengan daging buah pepaya, biji buah pepaya menjadi sumber serat untuk menjaga fungsi pencernaan. Dengan asupan serat yang mencukupi, kamu lebih mudah buang air besar dan terhindar dari masalah sembelit. Dengan pencernaan yang sehat, maka kamu terhindar dari berbagai penyakit pencernaan yang berbahaya seperti radang usus, mencegah luka usus, hingga wasir.  

2. Melindungi Kinerja Ginjal

Sebagai organ yang bertugas menyaring cairan yang masih dan yang tak diperlukan lagi dari dalam tubuh, memiliki ginjal sehat adalah suatu keharusan. Untuk membantu fungsinya ini, kamu bisa konsumsi biji buah pepaya demi melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal. Hal ini karena kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga fungsinya. 

3. Mencegah Kanker

Biji pepaya mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah serangan penyakit kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa biji pepaya memiliki sifat anti-kanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit! Berikut Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh