Ketika kamu BAB setidaknya dalam tiga kali sehari dengan tekstur kotoran cair, maka kamu bisa dikatakan sedang mengalami diare. Hal ini tentu akan membuat aktifitas kamu sehari-hari menjadi terganggu karena diare sering diiringi dengan rasa sakit pada bagian perut.

Menurut artikel yang dilansir (10/11) dari Insider mengatakan bahwa ada banyak makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menghentikan masalah pencernaan ini. Berbagai makanan hambar yang mudah dicerna merupakan makanan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah diare, salah satunya dengan pola makan BRAT.

BRAT sendiri merupakan singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi), Apple Sauce (saus apel), dan Toast (roti panggang). Menurut ahli gastroenterology di Yale Medicene, Amir Masoud, MBBS mengatakan bahwa makanan lain seperti oatmeal dan sup atau kaldu juga bisa gunakan untuk membantu masalah diare.

"Tetapi ini juga dapat mencakup makanan serupa seperti oatmeal dan sup atau kaldu," kata Amir Masoud.

Selanjutnya, pola makan BRAT sangat baik untuk diare karena terdiri dari makanan rendah serat yang mudah dicerna dan dapat mengurangi jumlah makanan yang enggak tercerna yang mengalir melalui saluran pencernaan.

Pola makan BRAT adalah panduan bermanfaat untuk beberapa makanan rendah serat. Selain itu, ada banyak makanan lain yang dapat membantu mengatasi diare, seperti sereal, biskuit, pasta biasa, hingga kaldu bening.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit! Berikut Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Selamat mencoba, Beauty!