Menu

Usia Muda Tapi Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Deretan Makanan yang Wajib Beauty Konsumsi, Jangan Sampai Menyesal Ya!

10 November 2022 23:55 WIB
Usia Muda Tapi Kadar Kolesterol Tinggi? Ini Deretan Makanan yang Wajib Beauty Konsumsi, Jangan Sampai Menyesal Ya!

Bahan makanan sehat. (Unsplash/Katie Smith)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi identik dengan orang tua yang lanjut usia. Tapi ternyata, anak muda usia produktif juga bisa berisiko mengidap penyakit ini lho Moms. Hal itu bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tak sehat.

Untuk mengatasinya, kamu wajib menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan rajib berolahraga. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan sehat yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, antara lain:

1. Konsumsi serat yang berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum utuh.

2. Produk susu bebas atau rendah lemak.

3. Kacang-kacangan.

4. Ikan dan ayam atau unggas tanpa kulit.

5. Makan ikan dua kali seminggu, terutama yang kaya omega-3 seperti tuna, salmon, makerel, teri, dan lele.

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh dan membatasi asupan lemak jenuh dan juga trans.

7. Membatasi makanan yang tinggi garam dan gula.

Selain menjaga pola makan dan menjaga berat badan tetap ideal, aktif berolahraga juga dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi. Pasalnya, olahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.