Kecemasan bisa dialami oleh siapa pun, termasuk seorang ibu yang tengah mengandung. Perubahan hormon selama kehamilan dapat memengaruhi bahan kimia di otak. Hal ini bisa menyebabkan kecemasan terjadi pada seorang ibu hamil.

Kecemasan pada ibu hamil perlu segera ditangani agar enggak berdampak lebih lanjut. Masalahnya, tingkat kecemasan yang tinggi dapat menimbulkan risiko yang membahayakan bagi seorang ibu hamil. Seperti preeklamsia, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah.

Rasa cemas yang sering dialami ibu hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara yang cukup sederhana. Menyadur dari laman Healthline, Jumat (13/11/2020), berikut lima di antaranya.

Jangan ragu untuk bercerita dengan orang terdekat

Bumil, kalau kamu merasa sangat cemas selama kehamilan, penting untuk memberi tahu seseorang. Entah kepada suami, teman dekat atau bahkan keluargamu sendiri. Dengan menceritakan hal tersebut kepada orang terdekat, kamu mendapat banyak dukungan dari mereka.

Berbagi pikiran dan perasaanmu cukup untuk mencegah kecemasan itu terjadi. Kamu juga bisa meminta dokter untuk merujukmu ke terapis yang mampu membantumu mengatasi kecemasan tersebut.

Baca Juga: Jelang Persalinan, 5 Jenis Makanan Ini Perlu Bumil Konsumsi untuk Menambah Energi