Beauty, perlu kamu ketahui masih banyak orang yang enggak percaya bahwa makanan gosong bisa menyebabkan kanker, lho! Faktanya, makanan yang dimasak dengan suhu tinggi bisa membantuk molekul tertentu yang disebut dengan akrilamida.

Kandungan akrilamida sendiri merupakan bahan kimia yang memiliki sifat toksik dan karsinogenik pada sector industri. Kandungan ini terbentuk ketika reaksi antara asam amina alami asparagine dan beberapa karbohidrat secara alami.  Sebenarnya produk susu, daging dan ikan hanya memiliki kemungkinan kecil untuk mengandung zat berbahaya tersebut tapi ketika kamu mengolahnya dengan cara yang salah maka kandungan akrilamida bisa ditimbulkan.

Ketika kandungan ini masuk ke dalam tubuhmu maka akan berubah menjadi molekul lain salah satunya aalah glikidamida yang bersifat karsinogenik. Bahkan glikidamida bisa mengikat diri ke DNA atau protein seperti hemoglobin sehingga bisa merusak DNA.

Kemudian, pertumbuhan sel yang enggak terkendali karena kerusakan DNA tersebut yang akhirnya bisa menyebabkan kanker. Beberapa peneliti mengatakan bahwa akrilamida bisa meningkatkan risiko kanker ginjal, endometrium, dan ovarium.

Untuk ibu hamil yang terpapar akrilamida dalam level yang tinggi maka bisa saja mengganggu pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. 

Untuk itu, agar kamu bisa meminimalisir risiko terkena kanker dari makanan yang gosong, pastikan kamu menerapkan aturan yang banyak disarankan para ahli medis. Caranya dengan memasak makanan hingga berwarna kuning, bukan coklat apalagi berwarna hitam. Hal ini bisa membantu kamu mengurangi pembentukan akrilamida.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit! Berikut Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Selamat mencoba, Beauty!