Menu

Pingkan Mambo Akui Bisa Hubungan Badan Berjam-jam, Hmmm... Ciri-ciri Hiperseks?

18 November 2022 18:15 WIB

Pinkan Mambo saat manggung. (Instagram/pinkanmambo)

HerStory, Jakarta —

Sosok artis Pinkan Mambo belakangan ini ramai jadi perbincangan usai pengakuannya sensualnya masa lalu. Sang penyanyi ini tak segan mengumbar urusan seksualnya yaitu bercinta dalam waktu berjam-jam.

"Lama banget aku, durasinya bisa berjam-jam. Aku juga keluarnya bisa berkali-kali, bisa 50 kali," ujar Pinkan Mambo, saat live Instagram, mengutip dari Suara.com, Jumat (18/11/2022).

Jika melihat dari pernyataan Pinkan Mambo yang mampu bercinta hingga berjam-jam. Apakah itu termasuk dari tanda seseorang mengalami hiperseks?

Menurut pandangan medis, kriteria diagnosis resmi untuk kondisi hiperseks sebenarnya belum pasti. Meski demikian, ada beberapa perilaku yang bisa dijadikan tanda untuk menentukan perilaku kecanduan seks tersebut.

Dikutip dari Alodokter dalam Suara.com, berikut tanda seseorang alami hiperseks, yaitu:

1. Adanya dorongan atau hasrat seksual yang tk terbendung dan sulit ditahan

2. Punya lebih dari satu pasangan, baik dalam pernikahan maupun perselingkuhan

3. Sering berganti-ganti pasangan seksual

4. Terus mengonsumsi hal-hal berbau pornografi

5. Sering mempraktikkan hubungan seksual yang tak aman

6. Sering memakai jasa pekerja seks komersial

7. Sering merangsang diri sendiri untuk mendapatkan kepuasan atau masturbasi

8. Sering melihat secara diam-diam aktivitas seksual yang dilakukan oleh orang lain

9. Perbuatan seksual dijadikan sebagai pelampiasan atau pelarian dari berbagai tekanan hidup, seperti kesepian, stres, depresi, atau kecemasan

Seseorang dapat dikatakan menderita hiperseks apabila gejala-gejala di atas dirasakan lebih dari 6 bulan dan berdampak pada aspek sosial, pekerjaan, hingga kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang berniat sembuh dari kecanduan seks atau perilaku hiperseks perlu diarahkan untuk melawan segala pikiran yang menguasainya untuk melakukan tindakan seksual yang melewati batas. Dengan kata lain, kekuatan pikiran menentukan kesuksesan atau kegagalan terhadap pengobatan yang dilakukan.

Selain kekuatan pikiran, faktor kunci untuk kesembuhan perilaku hiperseks juga perlu rajin melakukan konseling dan menjalani proses pengobatan yang telah dibuat. Dukungan dari orang-orang di sekitarnya juga dapat membantu penderita hiperseks agar cepat pulih.

Share Artikel:

Oleh: Nasibah Azzahra