Menu

Banyak yang Gak Tahu, Singkong Rebus Campur Madu Khasiatnya Dahsyat Moms! Cocok Dikonsumsi Saat Musim Dingin

26 Desember 2022 16:11 WIB

Ilustrasi singkong (Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu gak asing dengan singkong, bukan? Jenis tanaman umbi-umbian ini mungkin dianggap sebagai menu makanan kelas bawah bagi sebagian orang. Akan tetapi, tahukah Moms jika umbi singkong mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh?

Mulai dari air, protein, gula, kalsium, besi, magnesium, dan vitamin. Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms bisa mengolahnya dengan cara merebus. Potong singkong kecil-kecil kemudian oles dengan madu untuk menambah rasa nikmat. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi singkong rebus, antara lain:

1. Menyerap racun dan lemak

Jangan sepelekan singkong. Sebab kandungan serat tinggi di dalam singkong rebus dan juga tidak mudah larut dalam air, maka singkong juga berguna untuk menyerap sekaligus membuang toksin serta lemak berlebih yang ada di usus.

Sehingga membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan pembuangan toksin serta lemak jahat yang lancar, maka akan sangat membantu untuk menjaga berat badan selalu stabil.

2. Sebagai sumber tenaga

Kandungan karbohidrat yang ada pada singkong berbeda dengan karbohidrat yang ada pada nasi. Dalam singkong mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sehingga dengan mengganti nasi dengan singkong.

3. Meningkatkan sistem imun

Jika mengonsumsi singkong rebus campur madu secara berkala, anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Ini tentu cocok dikonsumsi saat musim hujan seperti sekarang ini, Moms.

4. Bebas kolesterol

Singkong campur madu mempunyai kandungan 112 kalori, bebas akan lemak dan juga kolesterol. Sehingga mengonsumsi singkong yang diolah dengan cara di rebus sangat direkomendasikan untuk yang sedang menjalani program diet.

Pasalnya, manis madu dan manis yang dihasilkan dari singkong merupakan bahan alami yang sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak membuat berat badan menjadi naik.

5. Meredakan gejala asma

Tak banyak diketahui, gejala asma dapat diredakan dengan mengonsumsi singkong. Hal ini dikarenakan adanya zat beta karoten yang merupakan antioksidan. Salah satu zat beta karoten itu adalah mengurangi risiko gejala asma.

6. Mencegah anemia

Singkong memiliki kandungan zat besi yang berkhasiat mencegah anemia, Moms. Jika kamu atau orang terdekatmu memiliki masalah kesehatan terebut, tak ada salahnya untuk mengonsumsi singkong rebus secara rutin. Konsultasikan juga dengan dokter jika kamu merasa ragu.

Itulah enam manfaat singkong rebus yang gak banyak orang tahu. Selamat mencoba ya Moms.

Artikel Pilihan