Menu

Kolestrol Naik Selama Puasa, Yuk Simak Cara Menurunkannya agar Tubuh Sehat Sampai Lebaran!

18 Maret 2023 19:30 WIB

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Selama Ramadan, umat Muslim di Indonesia menjalankan sekitar 13 jam untuk berpuasa. Selain untuk mengejar pahala, berbuasa memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, salah saatunya mengendalikan kadar kolestrol dalam darah. 

Namun, pernahkah kolestrol justru naik saat menjalani puasa? Umumnya hal tersebut terjadi karena pola makan yang tak terkontrol saat berbuka puasa. 

Setelah menahan lapar dan haus sepanjang hari, mulut rasanya ingin mengonsumsi apapun makanan yang ada di depan mara. Mulai dari takjil minuman manis hingga makanan mengandung lemak tinggi, seperti gorengan. 

Nah biar kondisi basan tetap sehat, yuk simak cara menurunkan kolestrol berikut ini, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Healthify, Sabtu (18/3/2023). 

1. Konsumsi Makanan dengan Omega-3

Omega-3 memiliki dampak positif pada kadar kolesterol dalam tubuh. Itu karena omega-3 membantu mengembangkan dan menjaga kesehatan sel. 

Selain itu, Omega-3 juga menurunkan kolesterol LDL juga trigliserida dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke jantung.

Diet kaya omega-3 membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.


Ikan seperti tuna, salmon, makarel, herring, kerang, dan udang adalah sumber omega-3 sangat baik. Makanan-makanan tersebut membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Makan Serat Lebih Banyak

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah dan memperlambat pencernaan sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Makanan dengan serat tinggi antara lain gandum, kacang polong, buah-buahan dan sayuran (seperti apel dan wortel). 

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Olahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL). Lakukan setidaknya 30 menit olahraga dalam lima kali selama seminggu. 

Artikel Pilihan