Menu

3 Waktu Doa Paling Diijabah oleh Allah di Bulan Ramadan, Terapin Ya Beauty!

25 Maret 2023 11:30 WIB

Ilustrasi wanita membaca Alquran. (Getty Images/iStockphoto/Rawpixel)

HerStory, Jakarta —

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah di mana setiap amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Gak heran jika selama bulan suci ini umat muslim berlomba-lomba untuk menebar kebaikan.

Tak hanya itu, banyak juga yang memanjatkan doa di bulan Ramadan ini, Beauty. Bahkan, ada beberapa waktu diyakini sangat baik untuk memanjatkan doa.

Doa merupakan sebuah permohonan yang diminta oleh umat muslim kepada Allah. Bahkan, Allah akan selalu memberikan jalan kebenaran bagi umatnya yang beriman.

Allah berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186).

Lalu, kapan saja waktu untuk berdoa yang paling diijabah oleh Allah selama bulan Ramadan? Melansir berbagai sumber berikut informasi selengkapnya, Beauty.

1. Waktu sahur

Waktu sahur termasuk sebagai salah satu waktu yang paling baik untuk memanjatkan doa. Apabila kamu berdoa di waktu sepertiga malam atau ketika sahur, maka Allah akan mengabulkan segala permintaan sserta pengampunan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758). Imam Nawawi berkata, “Pada waktu itu adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 36).

2. Di waktu puasa

Selama berpuasa sepanjang hari, jangan lupa untuk berdoa, Beauty. Doa di waktu puasa juga akan diijabah oleh Allah karena Allah menyukai orang yang berdoa ketika berpuasa.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya) 

3. Waktu berbuka puasa

Terakhir, waktu berdoa yang paling diijabah adalah ketika berbuka puasa. Pastikan untuk berdoa sebelum kamu menyantap makanan, ya. 

Allah akan mengabulkan permintaan umat muslim yang sudah menyelesaikan ibadah puasa dan menundukkan diri sejenak untuk berdoa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16: 396. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Nah, itu dia waktu terbaik untuk memanjatkan doa di bulan Ramadan. Jangan lupa untuk menerapkannya, ya.